Kamis 27 Oktober 2022, 14:45 WIB

Pemkab Cianjur Gunakan Kendaraan Dinas Mobil Listrik Bertahap

Benny Bastiandy | Nusantara
Pemkab Cianjur Gunakan Kendaraan Dinas Mobil Listrik Bertahap

MI/Benny Bastiandy
Bupati Cianjur Herman Suherman didampingi Manajer PLN UP3 Cianjur Hermansyah melakukan simulasi pengisian bahan bakar mobil listrik di SPKLU

 

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, merencanakan pengadaan kendaraan dinas berbahan bakar listrik. Rencana tersebut merupakan upaya mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan rencana tersebut sudah mulai dibahas. Nantinya, pengadaannya dilakukan secara bertahap.

"Ini juga sesuai instruksi dari bapak Presiden Joko Widodo. Kita pun ke depan, mobil dinas pemerintah daerah akan dialihkan ke kendaraan listrik. Namun secara bertahap," kata Herman seusai peluncuran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di halaman Sekretariat Daerah, Kabupaten Cianjur, Kamis (27/10).

Untuk mendukung rencana tersebut, kata Herman, dari sarana infrastrukturnya mulai dilengkapi. Satu di antaranya penyediaan SPKLU yang tersebar di berbagai wilayah.

"Ada enam titik SPKLU. Saya atas nama Pemkab Cianjur mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PLN yang hari ini (Kamis) telah me-launching enam titik SPKLU di Kabupaten Cianjur," jelasnya.

Adanya SPKLU, ungkap Herman, tentu akan memudahkan bagi masyarakat yang sudah memiliki mobil listrik. Herman mengaku mobil listrik cukup nyaman dan tidak berisik.

"Mudah-mudahan ke depan harga mobil listrik bisa lebih murah. Ke depan juga saya harapkan pengisian listrik bisa lebih cepat," ungkapnya.

Herman menyebut ke depan mobil listrik bisa menjadi pilihan kendaraan ramah lingkungan serta mengurangi penggunaan bahan bakar minyak. "Mobil listrik bisa mengurangi polusi karena ramah lingkungan," pungkasnya.

Manajer PLN UP3 Cianjur, Muhammad Hermansyah, hingga saat ini di Kabupaten Cianjur terdapat 6 titik lokasi SPKLU. Titiknya berada di Posko PLN Cimacan, Kantor PLN Cipanas, Kantor PLN UP3 Cianjur, Kantor Posko PLN Ciranjang, halaman Kantor Setda Kabupaten Cianjur, dan di Alun-alun
Sindangbarang.

"Se-Jawa Barat total ada 104 titik SPKLU, 6 di antaranya di Cianjur," ujar Hermansyah.

Tahun depan, kata Hermansyah, PLN rencana akan menambah kembali sebanyak 208 SPKLU. Di Cianjur sendiri titiknya akan ditentukan sesuai kebutuhan. "SPKLU sendiri berbayar," pungkasnya.  (OL-13)

Baca Juga: Toyota Serahkan 143 Unit Mobil Listrik untuk KTT G20

Baca Juga

DOK.MI

Pelajar SMP di OKU Selatan Diduga Korban Mutilasi

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 23:35 WIB
Korban yang sebelumnya dilaporkan sudah beberapa hari menghilang ini ditemukan dengan kondisi kepala sudah terpisah dan kaki terputus,...
dok.ist

Gerak Cepat Relawan Srikandi Ganjar Jateng Bantu Korban Banjir Kabupaten Pati

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 23:25 WIB
DALAM upaya membantu meringankan beban korban bencana banjir Kabupaten Pati, relawan Srikandi Ganjar Jateng turun langsung ke posko...
MI/BAYU ANGGORO

Lebih Terbuka, Katsunyaka Resto Bandung Buka di Cihampelas Walk

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 04 Desember 2022, 23:15 WIB
Rebecca Agnes, pendiri dan pengelola Katsunyaka, restoran makanan Jepang, membuka cabang di Cihampelas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya