Sabtu 01 Oktober 2022, 19:59 WIB

Gempa Tapanuli Utara, 82 Ribu Pelanggan PLN Alami Gangguan Suplai Listrik

Yosoph Pencawan | Nusantara
Gempa Tapanuli Utara, 82 Ribu Pelanggan PLN Alami Gangguan Suplai Listrik

ANTARA
Ilustrasi

 

SEKITAR 82 ribu pelanggan PLN di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara mengalamigangguan suplai listrik akibat gempa. Gempa bermagnitudo 6,0 yang mengguncang Kabupaten Taput, Sabtu (1/10), pukul 2.28 WIB, mengakibatkan berbagai kerusakan.

Gempa merusak bangunan rumah, perkantoran, rumah sakit dan fasilitas umum lain. Berbagai ruas jalan juga dilaporkan rusak dan ambles, pohon tumbang dan longsor, tidak terkecuali infrastruktur listrik.

"Tiang (listrik) tumbang dan miring, trafo distribusi berubah posisi, dan kabel HUTM lepas dari penyangganya," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumut Tonny Bellamy, Sabtu (1/10).

Dia tidak memerinci berapa banyak infrastruktur listrik yang mengalami kerusakan akibat gempa. Namun Tonny mengatakan kerusakan tersebut telah mengakibatkan gangguan suplai listrik terhadap setidaknya 82 ribu pelanggan.

Listrik mereka padam setelah gempa mengguncang. Namun PLN tidak membiarkan kondisi itu berlangsung lama, sejak Sabtu pagi para petugas segera dikerahkan memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi.

Sampai sore tadi, petugas PLN masih melakukan perbaikan. Tonny memastikan upaya perbaikan tidak akan dihentikan hingga seluruh pelanggan teraliri listrik kembali. Tonny memastikan sampai sore tadi, 38.000 pelanggan terdampak gempa sudah kembali mendapat aliran listrik. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Benny B

PMI Distribusikan 100 Ribu Liter Air ke Pengungsian Korban Gempa Cianjur

👤Benny Bastiandy 🕔Sabtu 26 November 2022, 21:30 WIB
Permintaan pasokan air bersih dari posko pengungsian di empat kecamatan terdampak seperti Cianjur, Cugenang, Pacet, dan Warungkondang,...
DOK.MI

Empat Pelaku Pembunuhan Pelajar di Medan Ditangkap

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 26 November 2022, 21:15 WIB
Aksi penganiayaan berujung kematian tersebut terjadi pada hari Jumat (25/11) di sebuah SPBU di kawasan Kecamatan Medan Sunggal dan viral di...
ANTARA/Raisan Al Farisi

Tim DVI Polri Periksa 10 Lagi Kantong Jenazah Korban Gempa

👤Benny Bastiandy 🕔Sabtu 26 November 2022, 20:50 WIB
Eddy mengatakan jumlah total jenazah yang sudah berhasil teridentifikasi DVI Polri sampai hari ini sejumlah 134...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya