Kamis 08 September 2022, 13:40 WIB

Bawaslu Jateng Temukan NIK Warga Dicatut Dalam Kepengurusan Parpol

Akhmad Safuan | Nusantara
Bawaslu Jateng Temukan NIK Warga Dicatut Dalam Kepengurusan Parpol

MI
Ilustrasi

 

RATUSAN nomor induk kependudukan (NIK) warga Jawa Tengah dicatut dalam kepengurusan partai politik yang masuk dalam sistem informasi parpol (Sipol). Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunggu niat baik parpol untuk melakukan penghapusan.

"Hasil temuan sudah kita rekap dan laporkan ke KPU untuk ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Bahkan temuan meningkat 46 persen pada Agustus-September ini," kata Koordinator Divisi Pengawasan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah Anik Solihatun.

Berdasarkan data yang masuk, jelas Anik, terdapat 122 laporan yang diserahkan ke KPU. Pencatutan NIK warga Jawa Tengah masuk dalam kepengurusan partai politik tersebut berasal dari kalangan ASN, anggota kepolisian dan TNI.

Sementara itu Ketua KPU Jawa Tengah Paulus Widiyantoro membenarkan laporan dari Bawaslu Jateng tersebut, bahkan pencatutan NIK tersebut masuk dalam kepengurusan partai politik terjadi di hampir srmua wilayah dengan rata-rata 20 warga.

"Kami langsung menindaklanjuti laporan warga tersebut dengan mengkonfirmasikan ke parpol untuk segera dihapus," ujar Paulus Widiyantoto.

Penghapusan NIK warga yang dicatut dalam kepengurusan pantai politik, lanjutnya, masuk data sipol hanya dapat dilakukan oleh partai politik itu sendiri. "Kita menunggu niat baik parpol itu sendiri, karena hanya parpol yang bersangkutan yang bisa menghapus," imbuhnya. (OL-15)

 

Baca Juga

dok.ist

Petani Kopi di Lampung Apresiasi Kinerja KPK Tangkap Hakim Agung

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 10:45 WIB
BERAGAM cara masyarakat desa mengungkapkan dukungan terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Seperti di Gedong...
dok.ist

Semarak Berbagi, Srikandi Ganjar Gelar Baksos untuk Keluarga Nelayan di Bagan Deli

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 09:35 WIB
KALANGAN milenial perempuan yang tergabung dalam jaringan relawan Srikandi Ganjar Sumatera Utara, menggelar kegiatan bakti sosial bertajuk...
ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Oktober, Puncak Musim Hujan di Medan Sekitarnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 08:35 WIB
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mengingatkan pada Oktober tahun ini merupakan puncak musim hujan di Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya