Selasa 06 September 2022, 08:15 WIB

Petani di Pidie Sambut Musim Panen Rambutan

Amiruddin Abudllah Reubee | Nusantara
Petani di Pidie Sambut Musim Panen Rambutan

MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE
Seorang penjual rambutan sedang mengangkut barang dagangannya di kawasan Kecamatan Indrajaya, beberapa waktu lalu.

 

PETANI rambutan di kawasan Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, mulai riang gembira. Pasalnya, taman rambutan di kebun mereka mulai memasuki musim panen.

Kawasan penghasil rambutan di Kabupaten Pidie, antara lain tersebar di Kecamatan Mila, Keumala, Tangse, dan Sakti. Lalu di Kecamatan Padangtiji, Indrajaya dan Kecamatan Delima. Sedikitnya ada sekitar 2.000 kebun rambutan milik warga di lokasi setempat.

Amatan Media Indonesia, Senin (5/9), lokasi yang sudah mulai panen itu meliputi Kecamatan Mila dan Keumala. 

Baca juga: Kepiting dari Aceh Tembus Pasar Thailand

Karena itu, para penjual rambutan eceran mulai menggelar dagangan di pinggiran Garot-Lamlo dan kawasan Kampus Universitas Jabal Ghafur.

Adapun harga rambutan segar di tingkat pengecer itu berkisar Rp10 ribu hingga Rp15 ribu per ikat (tergantung kualitas). Para penjual eceran sebagian besar adalah kaum ibu dan kaum muda.

"Ini baru awal musim panen harganya masih sedikit tinggi. Sekitar sebulan hingga dua bulan ke depan baru panen raya dan harga akan turun lagi" kata Tarmizi, tokoh masyarakat Kecamaran Sakti.

Dengan memasuki musim panen rambutan itu, para pemilik kebun mulai lega dan gembira. Apalagi di tengah kondisi perekonomian menurun dan harga berbagai barang sedang naik.

"Kami bersyukur sudah mulai tiba musim panen rambutan. Mudah mudahan tidak terkendala akan datang musim panen raya. Insya Allah akan lega terhadap kebutuhan biaya hidup dan uang sekolah anak" tutur Boihaki, petani di Kecamatan Mila. (OL-1)
 

Baca Juga

Ist

PNM Gandeng Mapala Tursina UIN Malang Tanam 1.000 Pohon

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 16:57 WIB
PNM menggelar aksi peduli lingkungan dengan melakukan penanaman 1.000 pohon berjenis gondang, beringing, duwet, dan ceri di Desa...
DOK MI.

Diduga Arus Pendek, Kebakaran Hanguskan 54 Kios Pasar Banjarsari

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 16:52 WIB
Sebanyak 54 kios pedagang berada di Blok B Pasar Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (28/9), sekitar...
MI/PALCE

Jenazah DPO Tewas Ditembak Polisi di Belu Diautopsi

👤Palce Amalo 🕔Rabu 28 September 2022, 16:47 WIB
Kapolda mengatakan autopsi dilakukan oleh dokter ahli untuk memastikan penyebab tewasnya GYL, DPO pengeroyokan di kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya