Senin 29 Agustus 2022, 19:50 WIB

RSUD Dr Soetomo Siapkan Ruang Khusus Pasien Cacar Monyet

Faishol Taselan | Nusantara
RSUD Dr Soetomo Siapkan Ruang Khusus Pasien Cacar Monyet

AFP
Ilustrasi cacar monyet

 

RSUD Dr Soetomo, Surabaya, telah menyiapkan ruangan khusus untuk isolasi pasien cacar monyet walau hingga kini penyakit tersebut belum ditemukan di wilayah Jawa Timur.

"Kami sudah mendapat pedoman mengenai proses diagnostik virus cacar monyet dari Kemenkes dan masih kami pelajari. Selain itu, pihak rumah sakit juga sedang menyiapakan ruangan khusus untuk penanganan cacar monyet," kata Direktur Utama RSU Dr Soetomo Surabaya Joni Wahyudi di Surabaya, Senin (29/8).

Pihaknya sedang mendesain ruangan khusus isolasi cacar monyet sesuai petunjuk buku pedoman dari Kementerian Kesehatan. Untuk mencegah penularan agar tidak masuk ke Jatim, Joni juga melalukan koordinasi dengan Erwin Astha Priyono Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur untuk merumuskan berbagai langkah preventif.

Menurut Joni, penularan virus cacar monyet terjadi karena ada kontak langsung antar sesama manusia. Karena itu dia menjelaskan bahwa para tenaga kesehatan harus menggunakan alat pelindung diri saat melayani pasien yang terdiagnosa virus cacar monyet.

"Itu salah satu langkah preventif kami, agar para tenaga kesehatan tetap terjaga dan bisa melayani secara maksimal. Tapi mudah-mudahan tidak sampai masuk ke Jatim,"  imbuhnya.

Meski virus cacar monyet belum sampai masuk Jatim dia berharap dengan  adanya ruangan khsus itu bisa menangani lebih dini pasien yang  terjangkit virus tersebut.

Baca Juga

DOK Pribadi.

Trans Kalimantan Ruas Satui Barat Longsor

👤Denny Susanto 🕔Rabu 28 September 2022, 15:59 WIB
Ruas jalan Trans-Kalimantan di Desa Satui Barat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengalami...
Dok. Setpres

Maluku Utara Catatkan Pertumbuhan Ekonomi Tinggi, Presiden Beri Apresiasi

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 28 September 2022, 15:40 WIB
Berdasarkan data BPS, pertumbuhan PDRB atas dasar harga konstan (ADHK) di Maluku Utara pada kuartal II 2022 mencapai...
DOK MI.

KM Sabuk Nusantara Kandas di Perairan Bengkulu Selatan

👤Marliansyah 🕔Rabu 28 September 2022, 14:48 WIB
Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 46 kandas di pantai Desa Pasar Pino, Kecamatan Pino Raya, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu, Rabu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya