Rabu 24 Agustus 2022, 16:27 WIB

40 Huntara Dibangun untuk Korban Banjir Bandang Torue

M Taufan SP Bustan | Nusantara
40 Huntara Dibangun untuk Korban Banjir Bandang Torue

ANTARA/Basri Marzuki
Petugas membersihkan sisa material yang terbawa banjir di kawasan hunian tetap penyintas bencana, Palu, Sulteng, Selasa (1/8).

 

PEMERINTAH Sulawesi Tengah akan membangun 40 hunian sementara (huntara) untuk korban banjir bandang di Desa Torue, Parigi Moutong.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parigi Moutong, Moh Rivai, mengatakan, untuk pembangunan 40 huntara, Pemerintah Parigi Moutong sudah menyiapkan lahan seluas 7.500 meter persegi yang berada di tempat aman dari jangkauan banjir.

"Letaknya masih di Desa Torue. Namun masuk wilayah Dusun II yang pastinya aman dan bebas dari banjir," terangnya di Parigi Moutong, Rabu (24/8).

Menurut Rivai, 40 huntara itu dibangun terdiri atas 10 blok, yang satu bloknya memiliki empat bilik dan dilengkapi dengan fasilitas pendukung. Di antaranya, kamar mandi, dapur, dan meteran listrik.


Baca juga: Kekeringan Ancam Tiga Kabupaten di Flores


"Pembangunan huntara itu juga sudah sesuai arahan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto saat meninjau lokasi ini. Di mana, pemerintah kabupaten cukup menyiapkan lahan dan pemerintah provinsi yang membangun," jelasnya.

Rivai menyebutkan, sebagaimana regulasi dan petunjuk teknis penanggulangan bencana, pemanfaatan huntara berlangsung selama dua tahun dengan status lahan pinjam pakai.

"Warga yang tinggal di huntara nanti diprioritaskan korban yang kehilangan tempat tinggal, dan korban yang rumahnya rusak berat akibat dampak bencana," paparnya.

Rivai menambahkan, untuk pembangunan hunian tetap (huntap) nanti masuk pada tahap penanggulangan pemilihan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabanjir bandang Desa Torue.

"Pembangunan huntap ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah setempat melakukan upaya penanggulangan pascabencana," tandasnya. (OL-16)

Baca Juga

MI/Rudi Kurniawansyah

TRGD : Perda Petani Boleh Membakar Lahan Pintu Masuk Legalisasi Karhutla di Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Kamis 09 Februari 2023, 08:55 WIB
WACANA Pemprov Kalsel membuat payung hukum, agar petani  diperbolehkan membakar lahan dalam proses pembukaan dan pembersihan lahan...
Dok PCINU

Wasekjen PBNU Ungkap Alasan Pentingnya Santri Kejar Mimpi ke Tiongkok

👤Henri Siagian 🕔Kamis 09 Februari 2023, 08:23 WIB
Kesepahaman tentang pengaruh budaya Tiongkok di Indonesia di sektor makanan, pakaian, arsitektur bisa dijadikan konten yang menarik dalam...
dok.ist

Relawan Mak Ganjar Jatim Beri Edukasi soal Pertanian Organik di Nganjuk

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 05:36 WIB
PERTANIAN organik kini makin dikenal masyarakat luas, apalagi sekarang ada tren hidup sehat. Masyarakat peduli terhadap makanan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya