Kamis 11 Agustus 2022, 19:02 WIB

Sulteng Diharapkan Jadi Lumbung Jagung Nasional

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Sulteng Diharapkan Jadi Lumbung Jagung Nasional

ANTARA
Tanaman jagung.

 

LAHAN perkebunan yang luas di Sulawesi Tengah (Sulteng) diharap bisa dimanfaatkan sebagai lumbung dan pusat industri jagung nasional.

Ketua DPRD Sulteng, Nilam Sari Lawira mengatakan, lahan perkebunan yang luas di Sulteng, jika dikelola dengan baik dan diberikan bibit unggul, serta teknologi pasti bisa berkembang pesat perkebunan jagung di provinsi ini. "Ke depan, harapan Sulteng sebagai lumbung dan pusat industri jagung nasional itu bisa saja terwujud," terangnya di Palu, Kamis (11/8).  

Setelah melihat potensi lahan yang ada di sejumlah wilayah di Sulteng, Nilam mengaku, untuk menjadi lumbung dan pusat jagung bukan tidak mungkin terjadi, karena salah satu kabupaten di Sulteng yakni Kabupaten Tojo Unauna dengan program tiada hari tanpa tanam jagung dan tiada hari tanpa panen jagung, saat ini sudah bisa mengekspor jagung.

"Tentunya hal tersebut perlu dicontoh kabupaten lain khusus kabupaten yang memiliki lahan luas seperti Kabupaten Sigi, Parigi Moutong, Poso, dan kabupaten lain," ungkapnya.

Nilam menambahkan, punya obsesi untuk membuka laboratorium kultur jaringan dengan tujuan agar Sulteng, mempunyai pembibitan yang bersertifikasi. "Tujuannya nanti itu untuk membantu petani agar mendapatkan bibit yang unggul dan berkualitas. Semoga obsesi itu bisa implementasikan," tandasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Haryanto

Dana KUR Sebanyak Rp44,98 Triliun Mengalir ke Jawa Tengah

👤Haryanto 🕔Selasa 27 September 2022, 15:17 WIB
Dukungan dana dari pemerintah pusat melalui dana transfer ke daerah, dan dana desa (TKDD) masih mendominasi sumber pendanaan di wilayah...
dok.ant

Kebakaran di Kawasan Padat Penduduk Rappokalling hancurkan 31 Rumah

👤Lina Herlina 🕔Selasa 27 September 2022, 12:00 WIB
SETIDAKNYA 31 rumah warga di kawasan padat penduduk di Jalan Rappokalling Timur, Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo, Kota Makassar,...
DOK/PERSIS

Persatuan Islam Gelar Muktamar ke XVI, Ridwan Kamil Suntikkan Semangat Memaslahatkan Umat

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 27 September 2022, 11:20 WIB
Selain merumuskan program kerja organisasi, melalui kegiatan inipun diharapkan jalinan kekerabatan di antara pengurus semakin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya