Kamis 11 Agustus 2022, 16:16 WIB

Cianjur Tingkatkan Akses Jalan ke Tempat Wisata

Benny Bastiandy/Budi Kansil | Nusantara
Cianjur Tingkatkan Akses Jalan ke Tempat Wisata

DOK MI
Ilustrasi perbaikan jalan.

 

AKSES infrastruktur jalan ke sejumlah objek wisata di Kecamatan Cibeber dan Campaka Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, kondisinya relatif sudah cukup bagus. Upaya penanganan dan pemeliharaan ruas-ruas akses jalan itu sebagai upaya meningkatkan jumlah wisatawan.

Kepala UPTD Pemeliharaan Jalan Wilayah 7 Cibeber, Haris Setiawan, mengaku terus memelihara kondisi akses jalan ke tempat-tempat wisata. Di lingkup UPTD Pemeliharaan Jalan Wilayah 7 Cibeber objek wisata yang cukup banyak diminati wisatawan di antaranya situs megalitikum Gunung Padang di Desa Karyamukti Kecamatan Campaka serta Curug Cikondang yang disebut-sebut sebagai mini air terjun Niagara di Desa Sukadana Kecamatan Campaka.

"Alhamdulillah, kalau akses jalan ke tempat-tempat wisata di wilayah UPTD Pemeliharaan Jalan Wilayah 7 Cibeber sudah cukup bagus. Masih terus kita pelihara. Cuma yang jadi kendala saat ini rumput atau ilalang di bahu-bahu jalan yang cepat tumbuh. Biasanya dengan kondisi cuaca seperti ini, rumput atau ilalang cepat tumbuh," terang Haris, Kamis (11/8).

Pada bulan ini, sebut Haris, UPTD Pemeliharaan Jalan Wilayah 7 Cibeber menangani 4 titik ruas jalan. Lokasinya berada di titik ruas jalan Cikulit-Wangunjaya, Ciparay-Karyamukti, dan Karyamukti-Pal 2 di Kecamatan Campaka. Sedangkan di Kecamatan Cibeber, penanganan dan pemeliharaannya berada pada ruas jalan Songgom-Girimukti.

"Dari empat titik ruas jalan, yang diprioritaskan berada di Karyamukti karena akses jalan masih jelek. Yang kami tangani berada pada spot-spot yang kondisinya rusak atau bolong-bolong. Di setiap ruas yang kami tangani rata-rata 500-an meter. Alhamdulillah semua kerusakan pada empat titik ruas jalan sudah selesai dikerjakan," sebut Haris.

Secara keseluruhan, sebut Haris, total panjang jalan di 4 titik ruas yang ditangani selama Agustus lebih kurang 2 kilometer. Penanganan dan pemeliharaan jalan dilakukan dengan cara pengaspalan atau hotmiks. "Per ruas jalan kami menggunakan 10 ton hotmiks," pungkasnya.

UPTD Pemeliharaan Jalan Wilayah 7 Cibeber menangani infrastruktur jalan sepanjang lebih kurang 77 kilometer yang terbagi di 28 titik ruas jalan. Keberadaan jalannya tersebar di Kecamatan Cibeber dan Kecamatan Campaka.  (OL-15)

Baca Juga

Antara

30.505 Nakes di Sumut Telah Divaksinasi Covid-10 Penguat Tahap Dua

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 01:21 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara mencatat sebanyak 30.505 dari 93.508 persen tenaga kesehatan di daerah tersebut telah mendapatkan...
ANTARA/Nova Wahyudi

BKSDA: Konflik Warga dengan Beruang di Sumsel Dipicu Musim Durian

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:45 WIB
Masa panen durian yang berlangsung saat ini menjadi salah satu indikator utama mereka hingga keluar dari kawasan hutan menyasar permukiman...
ANTARA/Aditya Rohman

Lansia Penabrak Angkot Tewaskan Tiga Orang di Sukabumi Jadi Tersangka

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:14 WIB
Penetapan tersangka ini pun berdasarkan dari hasil pemeriksaan kendaraan yang digunakan EH oleh Dishub Kota Sukabumi dan oleh ketua mekanik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya