Kamis 11 Agustus 2022, 15:53 WIB

Puluhan Titik Panas Terpantau Di Bangka Belitung

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Puluhan Titik Panas Terpantau Di Bangka Belitung

DOK MI
Karhutla

 

PULUHAN titik panas yang diduga dariu kabakaran lahan dan hutan (karhutla) terpantau muncul di Bangka Belitung. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel Mikron Antariksa pantauan satelit menunjukan sedikitnya terdapat 21 titik panas (hotspot).

Ke-21 titik ini menurutnya tersebar di enam kabupaten dan terbanyak ada di Bangka Selatan. "Bangka 1 titik, bangka barat 3 titik, Bangka Selatan 12 titik, Bangka  Tengah 3 titik sedangkan Belitung dan Belitung Timur masing-masing 1  titik," kata Mikron, Kamis (11/8).

Kuat dugaan puluhan titik panas yang terpantau di satelit itu adalah karhutla. "Memang mengarahnya ke karhutla. Mengingat cuaca saat jni panas sekali  dan angin kecang. Sehingga potensi karhutla tinggi sekali,"ujarnya.

Dengan kondisi cuaca seperti saat ini pihaknya menghimbau masyarakat yang tinggi di kawasan hutan untuk waspada. Selain itu pihaknya juga meminta masyarakat tidak membakar sampah atau membuka kebun dengan cara membakar.

"Kalau untuk bakar sampah sebenarnya tidak masalah asalkan di tunggu tapi kalau bukan kebun dengan cara bakar itu dilarang dan dapat di pidana jika merambah ke karhutla," katanya.

Selain itu, lanjut Mikron, saat cuaca panas dan angin kencang seperti sekarang ini. Pengendara baik itu roda dua maupun roda empat untuk tidak  membuang putung rokok yang masih ada bara api sembarangan karena bisa  mengakibatkan kebakaran.

"Kondisi ilalang dan rerumputan saat ini kering. Sehingga jika ada putung rokok yang ada bara api dibuang sembarangan. Berpotensi membakar ilalang atau rerumputan," ucap dia. (OL-15)

Baca Juga

Antara

30.505 Nakes di Sumut Telah Divaksinasi Covid-10 Penguat Tahap Dua

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 01:21 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara mencatat sebanyak 30.505 dari 93.508 persen tenaga kesehatan di daerah tersebut telah mendapatkan...
ANTARA/Nova Wahyudi

BKSDA: Konflik Warga dengan Beruang di Sumsel Dipicu Musim Durian

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:45 WIB
Masa panen durian yang berlangsung saat ini menjadi salah satu indikator utama mereka hingga keluar dari kawasan hutan menyasar permukiman...
ANTARA/Aditya Rohman

Lansia Penabrak Angkot Tewaskan Tiga Orang di Sukabumi Jadi Tersangka

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:14 WIB
Penetapan tersangka ini pun berdasarkan dari hasil pemeriksaan kendaraan yang digunakan EH oleh Dishub Kota Sukabumi dan oleh ketua mekanik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya