Senin 08 Agustus 2022, 17:47 WIB

Pemkot Sukabumi Gencarkan Program Penuntasan Kawasan Kumuh

Benny Bastiandy | Nusantara
Pemkot Sukabumi Gencarkan Program Penuntasan Kawasan Kumuh

DOK MI
Ilustrasi

 

KAWASAN kumuh di Kota Sukabumi, Jawa Barat, tinggal tersisa sekitar 8 hektare. Berbagai upaya dilakukan pemerintah daerah setempat untuk mempercepatan pengentasannya.

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, menuturkan pengentasan kawasan kumuh terus mengalami progres yang cukup signifikan. Pada 2015, luasannya mencapai 139 hektare, tapi kini tinggal tersisa 8 hektare.

"Kami targetkan penuntasan kawasan kumuh yang tinggal 8 hektare lagi bisa selesai hingga akhir tahun ini," kata Fahmi, Senin (8/8).

Satu di antara upaya percepatan penuntasan kawasan kumuh dilakukan melalui Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW). P2RW merupakan inovasi Pemkot Sukabumi yang diharapkan bisa ikut mengintervensi penanganan kawasan kumuh. "Kami berharap dengan P2RW bisa membantu percepatan penuntasannya," tuturnya.

Sebagai bentuk dukungan, besaran nilai bantuan P2RW tahun ini ditambah. Semula nilai bantuannya sebesar Rp20 juta, tapi mulai tahun ini bertambah menjadi Rp25 juta per RW.

"P2RW itu sebetulnya stimulan. Poinnya, kami harapkan partisipasi masyarakat bisa ikut terlibat langsung dalam pembangunan. Alhamdulillah, hasil evaluasi pelaksanaan P2RW tahun-tahun sebelumnya, tingkat partisipasi masyarakat pada kegiatan P2RW sangat tinggi," tegasnya.

Penuntasan kawasan kumuh, sebut Fahmi, butuh kerja keroyokan. Karena itu, semua elemen pemerintahan di setiap perangkat daerah perlu turun tangan seperti Bappeda, Dinas PUTR, dan perangkat daerah lainnya. "Penuntasan kawasan kumuh tak hanya soal fisik, tapi juga kegiatan nonfisiknya harus juga dituntaskan," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

DOK Pribadi.

Tumbuhkan Gotong Royong, Tani Center IPB Gandeng PC NU Klaten

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 22:17 WIB
Tani Center IPB University, dengan berbekal kebanggaan terhadap kebinekaan bangsa serta pengetahuan tentang pertanian ekologis, berkomitmen...
MGN/ Triawati Prihatsari

Kapolda Jateng: Ledakan di Asrama Polisi Akibat Kelalaian Anggota

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 25 September 2022, 22:15 WIB
"Artinya saya pastikan bahwa ledakan di wilayah kita di daerah Sukoharjo, tidak ada unsur teror," ujar Kapolda...
Antara

Warga Evakuasi Polisi Korban Ledakan ke RS Moewardi Surakarta

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 25 September 2022, 21:45 WIB
Adapun ledakan kencang itu memakan satu korban, yakni Bripka Dirgantara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya