Senin 08 Agustus 2022, 14:41 WIB

Kejurnas Rally 2022 Kerek Okupansi Hotel di Danau Toba

Yoseph Pencawan | Nusantara
Kejurnas Rally 2022 Kerek Okupansi Hotel di Danau Toba

MI/Apul Sianturi
Kawasan Danau Toba, Sumatra Utara.

 

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara mengklaim penyelenggaraan Kejuaraan Nasional Rally di kawasan Danau Toba telah mendorong tingkat hunian hotel di kawasan itu.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Kaiman Turnip mengatakan, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally 2022 di kawasan Danau Toba pada 5-7 Agustus 2022 telah berhasil mendorong tingkat hunian (okupansi) okupansi hotel.

"Tingkat okupansi naik sekitar 30%," ungkapnya, Senin (8/8).

Dia menjelaskan, peningkatan okupansi terutama terjadi di hotel-hotel yang berada di Parapat, Kabupaten Simalungun. Menjelang pelaksanaan event, okupansi hotel di kawasan Parapat mengalami peningkatan menjadi sekitar 75%.

Pada hari pelaksanaan event, okupansi menjadi 80-100%. Salah satu yang mengalami peningkatan okupansi adalah Hotel Khas Parapat.

Selama penyelenggaraan reli, okupansi hotel ini mencapai 75% dari biasanya sekitar 40%. Tingkat okupansi tersebut serupa dengan angka hunian di hotel itu pada saat weekend yang bahkan bisa mencapai 100%.

Kondisi sama dialami Atsari Hotel Parapat, yang mana tamu mengisi 40 dari 44 kamar yang tersedia di hotel itu selama reli berlangsung. Namun memang sebagian dari mereka tidak terkait event tersebut tetapi untuk berlibur.

Hotel Grand Tamaro Parapat juga mengalami peningkatan okupansi. Pada hari biasa, keterisian kamarnya hanya di kisaran 30%, tetapi selama pelaksanaan reli, okupansi naik hingga menjadi 80%.

Menurut Kaiman, peningkatan okupansi ini merupakan salah satu dampak ikutan (multiplier effect) dari penyelenggaraan reli, di sektor pariwisata. Hal itu memang menjadi tujuan lain dari pelaksanaan event di samping aspek olahraga, yakni mendorong kunjungan wisatawan.

Dampak positif dari pelaksanaan Kejurnas Rally 2022 ini membuat para pelaku pariwisata di kawasan Danau Toba berharap diadakannya kembali event serupa atau event olahraga lain di kawasan itu. Kaiman pun optimistis dengan suksesnya reli ini akan banyak event olahraga berikutnya yang akan digelar di kawasan Danau Toba.

Seperti  pada bulan depan, yang mana Sumut akan kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan The Asia Pacific Rally Championship (APRC). Pada tahun depan, Sumut juga direncanakan menaja event serupa yang berskala lebih besar, yakni World Rally Championship (WRC).

Adapun reli di atas merupakan putaran III dan IV yang merupakan lanjutan dari putaran I dan II yang sudah dilaksanakan pada Desember 2021, juga di kawasan Danau Toba. Pada putaran ini rute sepanjang 132 kilometer di Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, menjadi lintasan pereli.(OL-13)

Baca Juga: Harga dan Ketersedian Bahan Pokok Di Sumbar Terkendali

Baca Juga

Dok. Strabucks

Starbucks Masuk Papua, Buka Gerai di Jayapura dan Abepura

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 06:28 WIB
McEvoy mennambahkkan, tahun ini, pihaknya berencana untuk hadir di 10 kota baru di Indonesia, dan Jayapura salah...
dok.sahabat sandi

Sertifikat Halal Gratis dan Bazar Sembako Murah di Bandung Diserbu

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 05:50 WIB
RATUSAN masyarakat dan UMKM di Bandung menghadiri kegiatan Sertifikasi Halal dan Bazar Sembako Murah yang digelar oleh Relawan UKM Sahabat...
DOK Sinar Mas Land.

Digital Hub Gandeng Lima Universitas di Pulau Sumatra  

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:57 WIB
Kali ini, perusahaan kembali menggelar acara tersebut dengan nama baru yakni DNA Goes to Campus yang hadir untuk memberikan edukasi seputar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya