Senin 01 Agustus 2022, 21:04 WIB

Sulsel Mulai Vaksinasi Booster ke-2 untuk Nakes

Lina Herlina | Nusantara
Sulsel Mulai Vaksinasi Booster ke-2 untuk Nakes

ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Vaksinasi dosis booster kedua

 

PEMERINTAH pusat melalui Kementerian Kesehatan telah memulai vaksinasi Covid-19 booster kedua atau dosis keempat bagi tenaga kesehatan (Nakes). Itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/C/3615/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 bagi SDM Kesehatan.

Pada surat edaran tersebut, pemberian vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua tersebut diberikan dengan interval 6 bulan sejak vaksinasi dosis booster pertama. Vaksin yang dapat digunakan untuk dosis booster kedua yang telah mendapatkan persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Dinas Kesehatan Sulsel, Erwan Tri Sulistiyo, mengatakan vaksin booster kedua hanya diperuntukkan bagi nakes. Untuk Provinsi Sulawesi Selatan, ada 58.585 nakes yang menjadi sasaran utama vaksin keempat ini.

"Sejauh ini belum ditujukan bagi masyarakat umum. Kita langsung sosialisasikan kepada nakes. Kalau untuk masyarakat, booster pertama saja kita masih cukup rendah. Jadi belum ke masyarakat," kata Erwan, Senin (1/8).

Baca juga: Update 1 Agustus: 4.803 Orang Terima Vaksinasi Kedua

Menurut Erwan, pemberian vaksinasi booster kedua ini karena ada tren peningkatan kasus Covid-19 secara nasional dua bulan terakhir. Nakes yang selama ini disebut sebagai garda terdepan penanganan Covid-19 harus diberi perlindungan ekstra.

"Nakes itu sudah dibooster pertama maka antibodinya sudah mulai menurun. Harus dikasih kuat lagi. Pemikiran pemerintah ketika nakes-nya dibooster, harapannya antibodi nakes itu tinggi," ungkap Erwan.

Pelaksanaan vaksinasi booster kedua pada nakes di sulsel sudah mulai hari ini di sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan seperti Puskesmas. Semua layanan juga telah disurati perihal kebijakan Kementerian Kesehatan itu.

"Puskesmas, rumah sakit yang mau melakukan booster kedua untuk nakes silahkan dimulai hari ini. Kemarin juga, pusat sudah mulai. Karena aplikasinya juga sudah dibuka oleh orang kementerian," lanjut Erwan.

Sementara itu, berdasarkan data vaksin.kemkes.go.id, cakupan vaksinasi di Sulsel hingga 31 Juli 2022 vaksin dosis pertama 90,64%, vaksin dosis kedua mencapai 67,49%, dan vaksin dosis ketiga (booster) baru 13,20%. (OL-4)

Baca Juga

DOK MI

Siswi SMP Korban Kekerasan Seksual Di Pati Dalam Tahap Pemulihan

👤Widhoroso 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:55 WIB
MENTERI Sosial Tri Rismaharini menyampaikan siswi SMP berinisial N (15 tahun) di RSUD Soewondo, Pati, Jawa Tengah yang menjadi korban...
ANTARA

Sumut Tata Situs Benteng Putri Hijau di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:15 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara melakukan penataan situs Benteng Putri Hijau sebagai upaya pelestarian cagar budaya dan pengembangan...
Medcom

Nakes Di Buleleng Segera Jalani Vaksinasi Dosis Booster Kedua

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:55 WIB
TENAGA kesehatan (nakes) kembali mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali yang menjadi garda terdepan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya