Jumat 27 Mei 2022, 11:18 WIB

Kementan - DPR Tingkatkan Kapasitas Petani Milenial Kubu Raya

mediaindonesia.com | Nusantara
Kementan - DPR Tingkatkan Kapasitas Petani Milenial Kubu Raya

dok.ist
Petani milenial Kalbar, Nikolaus Supin dan Firminus Dodi berbagi sukses tentang potensi bisnis sektor pertanian

 

KOMANDO Strategis Pembangunan Pertanian (KostraTani) menjadi gerakan pembaharuan pembangunan pertanian yang terus didengungkan Kementerian Pertanian RI.

Kostratani merupakan langkah untuk meningkatkan produktivitas, kualitas, jaminan mutu, serta kontinyuitas produk pertanian. Semua itu demi mencapai tujuan pembangunan pertanian secara umum, yakni terpenuhinya kebutuhan pangan nasional dan menjaga ketersediaannya, meningkatkan kesejahteraan petani, serta meningkatkan ekspor produk pertanian.

Basis penyelenggaraan Kostratani berada di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di tingkat kecamatan. Kebijakan itu sebagaimana ditegaskan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo yang bertekad membangun pertanian dari kecamatan, utamanya mengoptimalkan peran BPP di kecamatan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menggarisbawahi tentang kualitas penyuluh pertanian di BPP menjadi titik tolak keberhasilan pembangunan pertanian.

“Penyuluh pertanian harus melek teknologi dan terus mengasah kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan, juga harus mampu mengubah sikap petani,” katanya.

Dedi Nursyamsi mengibaratkan penyuluh adalah otak petani, sehingga apa yang dikerjakan oleh petani tak akan jauh dari informasi yang disampaikan penyuluh.

Guna mengoptimalkan peran KostraTani, Kementan kolaborasi dengan DPR-RI pada Bimbingan Teknis  Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh, yang digelar oleh BPPSDMP melalui Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK-PPN) Banjarbaru di Golden Tulip Hotel Pontianak, Kalimantan Barat, kemarin.

Anggota Komisi IV DPR RI, Maria Lestari berharap para petani dapat memanfaatkan ilmu yang didapat sehingga jika mendapatkan bantuan dari pemerintah, para petani dapat memanfaatkan dengan baik dan maksimal.

Dia juga mendoakan semoga ke depan para petani yang tergolong masih berusia milenial dapat sukses sehingga turut memajukan pertanian, khususnya pertanian di Kubu Raya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Duta Petani Andalan (DPA) Kementan, Nikolaus Supin dari Kabupaten Landak, Kalbar yang mengulas materi tentang Strategi Budidaya Sayur melalui Pemanfaatan Teknologi dengan Menekan Biaya Produksi, Hasil Melimpah.

Sementara Firminus Dodi, Korwil Duta Petani Milenial (DPM) Kementan juga dari Landak mengulas tentang Budidaya dan Pemasaran Tanaman Jagung dalam Memenuhi Pasar Lokal dan Ekspor. (OL-13)

 

Baca Juga

Antara

Sulteng Siap Menjadi Daerah Penyangga Pangan IKN Nusantara

👤M. Taufan SP Bustan 🕔Rabu 06 Juli 2022, 17:21 WIB
Pemprov Sulawesi Tengah pun tengah mengembangkan sektor pertanian, perkebunan dan peternakan, agar dapat mendukung swasembada pangan...
Medcom

Operasi Madago Raya Kembali Diperpanjang

👤Mitha Meinansi 🕔Rabu 06 Juli 2022, 17:10 WIB
OPERASI perburuan daftar pencarian orang (DPO) dalam kasus tindak pidana terorisme di Sulawesi Tengah, kembali...
DOK MI

Kepala Sekolah SMA/SMK Negeri di Sumut Akan Dievaluasi Tiap Semester

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 06 Juli 2022, 16:59 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara akan melakukan evaluasi terhadap kinerja Kepala Sekolah SMA dan SMK Negeri di Sumut. Evaluasi akan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya