Jumat 20 Mei 2022, 16:39 WIB

Kasus PMK Ternak Tersebar di 3 Kecamatan di Cilacap

Lilik Darmawan | Nusantara
Kasus PMK Ternak Tersebar di 3 Kecamatan di Cilacap

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMKAB Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) membentuk Tim Unit Reaksi Cepat (URC) untuk menanggulangi kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Saat ini, 10 ternak sapi positif PMK dan 65 suspek.

Sekretaris Daerah (Sekda) Cilacap Awaluddin Muuri mengatakan langkah cepat yang dilaksanakan adalah membetuk Tim URC. "Tim yang dibentuk bakal menangani secara cepat PMK yang muncul sehingga tidak akan menyebar ke mana-mana," jelas Awaluddin, Jumat (20/5).

Pembentukan Tim URC terkait dengan 10 ekor sapi yang positif PMK. Pemkab telah mengirimkan sampel 65 sapi yang terindikasi PMK ke Balai Besar  Veteriner Wates. Dari sampel yang dikirimkan, 10 dinyatakan positif.

"Sapi yang positif berasal dari tiga kecamatan yakni Dayeuhluhur, Cilacap Utara dan Jeruklegi. Maka perlu upaya-upaya serius untuk menanggulangi," kata dia.

Selain itu, lanjut Sekda, perlu ada pelatihan penanganan PMK bagi  penyuluh pertanian untuk membantu surveillans. "Kalau ada ternak yang positif, dinas terkait mengisolasi dan mengobati ternak yang terduga terkena PMK tersebut, beberepa hari terakhir semakin membaik, kita terus memantau dan terus melaporkan," jelasnya.

Sementara untuk pemilik ternak perlu menjaga sanitasi kandang dengan penyemprotan disinfektan, kesehatan ternak dengan pemberian vitamin dan pakan bergizi, serta pengamatan dan pelaporan segera manakala terjadi gejala. (OL-15)

 

Baca Juga

HO

Habaib Dan Kiai Jatim Doakan Gus Muhaimin Presiden 2024

👤Widhoroso 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:57 WIB
PARA habaib dan kiai serta ribuan warga dari berbagai daerah di Jawa Timur (Jatim) mendoakan Muhaimin Iskandar sebagai Presiden...
DOK.MI

Tanah Longsor di Mamasa, 2 Tewas dan 6 Desa Terisolasi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:55 WIB
BPBD bersama tim gabungan terus berupaya melakukan penanganan darurat di lokasi terdampak guna menemukan kemungkinan adanya korban...
ANTARA

Sopir Angkot Palembang Resah Dengan Penerapan Aplikasi MyPertamina

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:24 WIB
MESKI belum diterapkan di Palembang, Sumatera Selatan, namun masyarakat mulai mempertanyakan penggunaan aplikasi MyPertamina untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya