Selasa 26 April 2022, 16:00 WIB

Persiapan ini Perlu Dilakukan Pemudik saat Lewati Tol Kanci-Pejagan

Nurul Hidayah | Nusantara
Persiapan ini Perlu Dilakukan Pemudik saat Lewati Tol Kanci-Pejagan

MI/Nurul Hidayah.
Ruas tol Kanci-Pejagan.

 

PEMUDIK diminta menyiapkan kondisi fisik dan kendaraan saat melewati tol Kanci-Pejagan. Pecah ban menjadi kasus yang sering terjadi di ruas tol tersebut.

Direktur Utama PT Semesta Marga Raya (SMR) Supriyono menjelaskan pihaknya mempersiapkan sarana dan prasarana di ruas tol sepanjang 35 kilometer tersebut. "Namun kondisi fisik dan kendaraan harus dipersiapkan," tutur Supriyono, Selasa (26/4).   

Kendaraan perlu dipersiapkan dengan baik sebelum melakukan perjalanan mudik, terutama ban mobil. Dijelaskan Supriyono, pecah ban menjadi kasus yang sering ditemukan di ruas tol Kanci-Pejagan.

Dalam satu bulan bisa terjadi lebih dari 150 peristiwa pecah ban di ruas tol tersebut. "Bahkan bulan kemarin sampai 200 kejadian," tutur Supriyono. Dari semua kasus tersebut sebanyak 90% karena ban yang sudah tipis. "Untuk itu kendaraan perlu dipersiapkan dengan baik," tutur Supriyono.

Sedangkan untuk kondisi fisik, Supriyono juga meminta juga dipersiapkan. Jika lelah, segera beristirahat di rest area. "Safety-nya dua jam beristirahat," tutur Supriyono. Kondisi ban mobil juga kalau digunakan
lebih dari dua jam akan panas.  

Jika rest area penuh, pemudik bisa keluar sebentar lalu masuk lagi ke ruas tol. "Biasanya juga sama," tutur Supriyono.

Pada kesempatan itu, Supriyono juga menjelaskan infrastruktur di tol Kanci-Pejagan siap dilalui pemudik. Mereka menyiapkan piket sapu lubang (salub) yang bertugas langsung menambal ketika ada lubang baru akibat hujan deras.

Sedangkan puncak arus mudik diperkirakan terjadi 28 April sore hingga malam dan 29 April seiring berlakunya libur bersama. Sedangkan untuk puncak arus balik diprediksi terjadi H+3 dan H+5. (OL-14)

Baca Juga

Dok

58 Buku Kolaborasi Seri Literasi Digital Diluncurkan

👤Ruta Suryana 🕔Senin 15 Agustus 2022, 10:46 WIB
Kemenkominfo bersama 7 lembaga menerbitkan  58 buku literasi digital. Masyarakat bisa menggunakan buku-buku Literasi Digital secara...
dok.ist

Atraksi Seni Srikandi Ganjar Meriahkan HUT RI ke 77 di Bandung

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 10:12 WIB
RATUSAN relawan baru Srikandi Ganjar Jawa Barat hadir memadati kegiatan Gebyar HUT RI ke 77 di Gedung Maduma Naramamora, Panyileukan, Kota...
MI/HO

Polda Sumbar Perangi Segala Bentuk Praktik Perjudian

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 10:00 WIB
"Alasan pernyataan perang terhadap segala bentuk perjudian, yang pertama karena dilarang oleh agama maupun oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya