Minggu 24 April 2022, 15:30 WIB

Pemudik Mulai Lewat Jalur Tengah di Banyumas

Lilik Darmawan | Nusantara
Pemudik Mulai Lewat Jalur Tengah di Banyumas

MI/Supardji Rasban.
Jalur alternatifPejagan-Prupuk yang menghubungkan Kabupaten Brebes-Banyumas, Jawa Tengah, siap dilalui pemudik.

 

PEMUDIK dari Jabodetabek yang lewat tol dan keluar di Tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah (Jateng), mulai melewati Banyumas pada Minggu (24/4). Jumlah kendaraan yang lewat selama enam jam mulai pukul 00.00 hingga 06.00 WIB tercatat 2.009 unit.

Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Banyumas Agus Nur Hadie mengatakan para perantau sudah mulai mudik dan melewati jalur tengah antara Brebes-Banyumas. "Jumlah total kendaraan yang masuk dari arah Bumiayu, Brebes, tercatat 2.009 kendaraan. Dari jumlah tersebut, 45% di antaranya sepeda motor dan 44% lain mobil pribadi," jelas Agus pada Minggu.

Menurutnya, pihaknya terus melakukan pemantauan dan menghitung kendaraan yang lewat di Banyumas. Soalnya, salah satu jalur yang perlu diantisipasi yaitu jalur tengah penghubung antara Tol Pejagan ke jalur selatan yang melewati Banyumas. "Kami telah menyiapkan posko gabungan bersama kepolisian dan yang lain," kata dia.

Sebelumnya, Agus juga mengatakan yang paling menjadi fokus pada saat arus mudik dan balik Lebaran yaitu jalur penghubung antara jalan tol Trans Jawa ke jalur selatan. "Kami menyiapkan rekayasa lalu lintas kalau nanti ada kemacetan di ruas jalan Ajibarang, Banyumas, hingga Bumiayu, Brebes," jelas Agus.

Baca juga: Tiket Bus Mudik Jakarta ke Purwokerto Habis Dipesan

Dijelaskan oleh Agus, ada tiga alternatif rekayasa, yakni penyiapan arus lalu lintas dari Purwokerto ke Ajibarang dialihkan melalui Lesmana, Margasana, Wangon ke arah Bandung. Selain itu, arus lalu lintas dari Sokaraja bakal dialihkan menuju ke Purbalingga untuk bisa masuk ke jalan tol di Pemalang.

"Berbagai skenario telah kami siapkan menyambut masa angkutan mudik dan balik Lebaran. Biasanya, kalau Banyumas yang paling diwaspadai ketika arus balik. Meski demikian, kami tetap mengantisipasi arus mudik," tambahnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/MARCEL KELEN

Mayjen Saleh Mustafa jadi Pangdam Pertama Resmikan Pastoran Katolik

👤Marcel Kelen 🕔Selasa 31 Januari 2023, 21:14 WIB
Pembangunan Pastoran ini adalah juga jalan kepada...
MI/SUPARDJI RASBAN

Kepala BKKBN Gelorakan Semangat Gotong Royong Tangani Stunting di Tegal

👤Supardji Rasban 🕔Selasa 31 Januari 2023, 21:11 WIB
Penanganan stunting harus mengerucut ke penderita stunting itu sendiri dengan pola bapak...
Antara

Tiongkok Tawarkan Rp45 T Garap Investasi Pasir Silika di Babel

👤Insi Nantika Jellita 🕔Selasa 31 Januari 2023, 20:43 WIB
Ridwan mengaku tertarik dengan tawaran kerja sama Xinyi Group yang disebut telah berhasil membangun pabrik kuarsa di Malaysia dalam jangka...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya