Selasa 12 April 2022, 14:31 WIB

Aliansi BEM Surabaya Siapkan Aksi 14 April Bawa Isue Ekonomi

Faishol Taselan | Nusantara
Aliansi BEM Surabaya Siapkan Aksi 14 April Bawa Isue Ekonomi

dok.Ant
Ilustrasi

 

KENDATI Mahasiswa di sejumlah daerah di Indonesia menggelar aksi turun ke jalan, mahasiswa di Surabaya, Jawa Timur memilih diam. Mereka bersiap akan turun ke jalan pada 14 April 2022 mendatang.

"Mahasiswa Surabaya akan aksi pada 14 April 2022 di depan Gedung DPRD Jawa Timur dengan tuntutan yang berfokus pada masalah perekonomian," kata Koordinator Umum Aliansi BEM Surabaya (ABS) Ahmad Yusuf Alkhakim di Surabaya, Selasa (12/4).

Gerakan aksi pada 14 April adalah inisiatif dari berbagai kampus negeri dan swasta yang ada di Surabaya tanpa ada kaitan dengan aksi yang terjadi di Jakarta.

"Alasan kita memilih tanggal tersebut karena tidak ada keberpihakan dari salah satu aliansi nasional manapun, murni dari inisiatif kawan-kawan BEM di Surabaya," tuturnya.

Gerakan pada 14 April juga sebagai upaya menetralisir aksi, mengingat dari berbagai kampus di Surabaya juga ada yang masuk dalam keanggotaan BEM SI maupun BEM Nusantara.

"Kawan-kawan sepakat untuk turun ke jalan pada tanggal 14, hal itu dilakukan sebagai langkah menetralisir gerakan dan mengedepankan gerakan dari mahasiswa Surabaya sendiri," dalihnya.

Kondisi perekonomian menjadi fokus ABS, mengingat imbas dari kebijakan kenaikan bahan pokok dan PPN menjadi 11 persen berdampak kepada masyarakat yang notabennya seperti UMKM maupun menengah ke bawah," katanya.

Adapun tuntutan aksi selain perekonomian dari ABS pada gelaran aksi 14 April di antaranya yang pertama terkait RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) agar segera masuk ke prolegnas dan kemudian disahkan oleh DPR RI.

"Kami membuka lebar bagi semua elemen masyarakat, nantinya juga tidak memungkiri bakal ada perwakilan dari organisasi masyarakat maupun organisasi lembaga sosial yang ikut bergabung," ujar Yusuf.

Dia menghimbau untuk seluruh mahasiswa di Surabaya supaya tidak terkecoh dengan agenda setting terkait isu nasional yang sedang ramai diperbincangkan saat ini, yaitu terkait penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan Presiden.

"Bisa jadi agenda setting tersebut adalah upaya untuk menutupi isu yang seharusnya kita kawal, untuk itu fokus utama kami yaitu isu perekonomian dengan harapan agar kemudian ekonomi nasional ini bisa bangkit terlebih dahulu," ujarnya. (OL-13)

baca juga: Usai Unjuk Rasa Mahasiswa di Bandung Ikut Vaksin Booster

Baca Juga

ANTARA

Kepemimpinan Jokowi Perkuat Komitmen Kebinekaan Wujudkan Stabilitas Politik Nasional

👤Widhoroso 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 16:44 WIB
PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mempunyai komitmen tinggi mengaplikasikan nilia-nilai kebinekaan dalam...
DOK MI

Minuman Oplosan, Kondisi Dua Warga Binaan Lapas Cianjur Membaik

👤Benny Bastiandy/Budi Kansil 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 16:40 WIB
KONDISI dua warga binaan Lapas Kelas II B Cianjur, Jawa Barat, yang keracunan minuman oplosan mulai...
DOK MI

784 Warga Binaan Lapas Cianjur Peroleh Remisi, Dua Orang Langsung Bebas

👤Benny Bastiandy/Budi Kansill 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 16:27 WIB
SEBANYAK 784 warga binaan Lapas Kelas II B Cianjur, Jawa Barat, mendapat remisi Hari Kemerdekaan RI, Rabu (17/8). Dari jumlah tersebut,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya