Jumat 08 April 2022, 13:49 WIB

BBM Langka akibat Jeda Pengiriman dan Penjualan

Faishol Taselan | Nusantara
BBM Langka akibat Jeda Pengiriman dan Penjualan

Antara/Widodo S. Jusuf.
Petugas mengisi BBM jenis pertalite ke mobil tangki BBM untuk didistribusikan ke sejumlah SPBU di wilayah Jatim, beberapa waktu lalu.

 

PENYEBAB kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar maupun pertalite di Jawa Timur yaitu ada jeda antara pengiriman dan penjualan solar di SPBU.

"Berdasarkan keterangan General Manager Pertamina Deni Djukardi, ini karena masalah lalu lintas di Lamongan yang mengakibatkan kemampuan kirim lebih lama. Selain itu kelangkaan ini disebabkan peningkatan kebutuhan," kata Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak di Surabaya, Jumat (8/4). Menurutnya, upaya yang dilakukan Pertamina yakni menambah armada dan awak mobil tangki BBM, kemudian mengalihkan sebagian suplai ke fuel terminal terdekat.

"Selain itu Pertamina menambah jam layanan fuel terminal menjadi 24 jam. Beliau menyampaikan antrean sudah terurai dan stok solar di SPBU lebih aman," katanya.

Saat ditanya terkait Gubernur Khofifah Indar Parawansa yang mengajukan surat penambahan alokasi solar untuk Jatim di 2022 sebesar 306.045 kiloliter, Emil mengatakan langkah tersebut untuk ikut membantu memastikan kelancaran suplai di Jatim. "Saya yakin semua terintegrasi antara upaya Ibu Gubernur dan komitmen Pertamina yang memastikan jangan sampai SPBU kehabisan stok. Artinya, ini lebih mengoptimalkan  fungsi fuel terminal," ungkapnya.

Emil menegaskan bahwa permasalahan kelangkaan solar belum benar-benar selesai. Ia mengaku terus melakukan pantauan lapangan. Ia juga mengimbau masyarakat tidak perlu panic buying. "Artinya kita mengisi sewajarnya. Kami meyakini sudah ada pengawasan yang ketat untuk memitigasi hal ini," katanya.

 
Meski begitu, Emil mengaku peningkatan permintaan merupakan konsekuensi logis dari disparitas harga yang subsidi dan nonsubsidi. Menurutnya, selisih harga Rp5.000 membuat yang biasanya mengisi solar nonsubsidi beralih ke solar subsidi. (OL-14)

Baca Juga

MI/Yusuf Riaman

MXGP Beri Dampak Positif Bagi UMKM Sumbawa

👤Yusuf Riaman 🕔Minggu 26 Juni 2022, 22:54 WIB
AJANG MXGP di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) memberikan angin segar bagi...
 ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Kemenkes Perkuat Layanan Kesehatan Primer di Lombok Barat

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:45 WIB
Semuanya harus bergerak bersama-sama tanpa arahan, melainkan harus aktif dan proaktif melakukan berbagai program kesehatan yang bermanfaat...
DOK/IBIS BANDUNG TRANS STUDIO

Ibis Music, Cara Hotel Ibis Mendukung Kebangkitan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

👤Media Indonesia 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:15 WIB
Pertunjukan diselenggarakan Sabtu (25/6) di Ibis Bandung Trans...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya