Kamis 07 April 2022, 15:16 WIB

Presiden Lepas Ekspor Pinang Biji dari Jambi Senilai Rp4 Miliar

Andhika Prasetyo | Nusantara
Presiden Lepas Ekspor Pinang Biji dari Jambi Senilai Rp4 Miliar

Dok. Setpres RI
Presiden Jokowi saat melihat produk pinang yang diekspor.

 

PRESIDEN Joko Widodo melepas ekspor pinang biji milik CV Indokara di Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, menuju Pakistan pada Kamis (7/4) ini.

Dengan total pengiriman hingga 126 ton, ekspor tersebut diperkirakan memiliki nilai ekonomi Rp4,069 miliar. Jokowi, sapaan akrabnya, mengaku bangga dengan kinerja pelaku usaha yang berupaya memasarkan produk lokal hingga ke pasar global. 

Menurutnya, Jambi sebagai salah satu sentra pinang di Tanah Air, harus bisa memanfaatkan permintaan dunia secara maksimal. "Di seluruh Tanah Air, ada 152 ribu hektare lahan yang ditanami pohon pinang. Sebanyak 22 ribu di antaranya ada di Jambi," ujar Presiden. 

Baca juga: Petani Rejang Lebong Sudah Ekspor 20 Ton Kolang Kaling ke Filipina

"Ini adalah sebuah komoditas ekspor yang banyak dibutuhkan di Thailand, Iran, India dan Tiongkok, Pakistan. Kita harapkan ini menjadi sebuah komoditas ekspor dalam jumlah yang besar," imbuhnya.

Kepala Negara berharap volume ekspor pinang biji bisa meningkat dan tidak hanya bergantung pada sejumlah pohon pinang yang ada saat ini. Upaya perluasan lahan dan penyediaan varietas unggul harus dilakukan ke depan.

Baca juga: KSPI Tuding Bantuan Subsidi Upah Diskriminatif dan tidak Tepat Sasaran

"Tadi saya sudah perintahkan kepada Menteri Pertanian untuk menyiapkan varietas yang unggul, yang memiliki kualitas yang bagus. Kita harapkan kita bisa mengekspor dalam jumlah yang lebih besar lagi," pungkas Jokowi.

Pada 2021, pemerintah nilai ekspor pinang biji mencapai lebih dari Rp5 triliun. Dari total tersebut, Rp2 triliun berasal dari pelaku usaha di wilayah Jambi.

Sepanjang tahun ini, ekspor pinang khusus dari Jambi sudah menyentuh 17.174 ton, dengan nilai mencapai Rp416,4 miliar. Jumlah tersebut merupakan angka yang sangat besar dan memberikan pendapatan yang baik bagi petani.(OL-11)

Baca Juga

Dok.NasDem Susle

NasDem Pastikan Sebulan Lagi Akses Jalan ke Wilayah Terisolir Bisa Tembus

👤Lina Herlina 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:32 WIB
. Untuk tiba di Kecamatan Rampi dari ibu kota kabupaten, butuh waktu dua hari dengan menggunakan motor, padahal jaraknya hanya 84...
ANTARA FOTO/Saldi Hermanto/wpa

Gubernur Papua: HUT ke-77 Kemerdekaan RI Momentum untuk Bangkit

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:03 WIB
Lukas mengajak agar seluruh elemen masyarakat Papua memanfaatkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diraih...
Dok.SIG

SIG Resmikan Bantuan Pembangunan TPQ dan Renovasi Masjid Manba’ul Ulum di Kabupaten Gresik

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 13:19 WIB
Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Direktur Utama SIG, Donny Arsal dalam rangkaian kegiatan Istighotsah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya