Kamis 17 Maret 2022, 15:01 WIB

Minyak Goreng di Solo Melimpah, Harga Bahan Lain Mulai Naik

Widjajadi | Nusantara
Minyak Goreng di Solo Melimpah, Harga Bahan Lain Mulai Naik

MI/Widjajadi.
Seorang pedagang di Pasar Gede menunggu pembeli di tengah ketersediaan bahan pokok yang melimpah.

 

MINYAK goreng langsung melimpah di pasar pasar utama Kota Solo, Kamis (17/3). Ini terjadi setelah munculnya instruksi Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi terkait relaksasi terhadap harga eceran tertinggi (HET) sawit kemasan sederhana dan premium.

Itu tampak di Pasar Legi, Pasar Nusukan, dan Pasar Sidodadi. Ketersediaan minyak goreng langsung melimpah. Harga kemasan premium dijual Rp23 ribu/liter, kemasan dua liter merek Bimoli Rp37 ribu, dan curah Rp14 ribu.

Sidiq, 40, salah satu pedagang di Pasar Sidodai, mengatakan harga minyak goreng premium kembali ke harga semula yakni kualitas curah dijual Rp14 ribu/liter, premium dijual Rp23 ribu/liter, dan yang dua liter dijual Rp37 ribu/liter tergantung merek. "Pasokan dan stok minyak goreng sekarang sudah mencukupi kebutuhan pasar," tukas Larso, pedagang di Pasar Legi.

Pada saat sama, harga beberapa barang kebutuhan pokok seperti telur, cabai, dan daging ayam di Kota Solo menjelang Ramadan mengalami kenaikan cukup signifikan tetapi persediaan masih mencukupi kebutuhan. Ini terjadi di Pasar Sidodadi Kleco. Harga telur yang semula dijual Rp23 ribu/kg kini naik menjadi Rp24 ribu/kg, cabai rawit merah semula Rp45 ribu/kg naik menjadi Rp50 ribu/kg, daging ayam semula Rp23.500/kg menjadi Rp25 ribu/kg, dan minyak goreng premium semula dijual Rp20 ribu/liter menjadi Rp23 ribu/liter.

Sejauh ini, pedagang mengatakan pasokan tetap terjaga normal menjelang bulan puasa. Komoditas sayuran dipasok dari Boyolali, Salatiga, Tawangmangu Karanganyar, dan wilayah Jawa Timur.

Baca juga: Harga Minyak Goreng Baru, Distributor Mulai Keluarkan Simpanan dari Gudang

Terpisah, Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Surakarta Training Hartanto mengatakan kenaikan harga telur, cabai, daging ayam, dan minyak goreng di pasar-pasar tradisional di Kota Solo sudah menjadi tren menjelang Ramadan. Bahkan, harga bisa naik lagi menjelang Lebaran mendatang. "Yang pasti ketersediaan barang-barang kebutuhan pokok di wilayah Solo masih terjaga karena pasokan barang ke pasar-pasar tetap lancar dan stabil," pungkas Hartanto. (OL-14)

Baca Juga

DOK/HARRIS Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung

Staycation Seru Khas Kemerdekaan Indonesia di HARRIS Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung

👤Media Indonesia 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 19:20 WIB
Sesuai dengan usia Kemerdekaan Republik Indonesia, Hotel ini menawarkan harga promo Rp770.000 net/malam di tipe kamar HARRIS...
MI/DEPI

Puluhan Warga Padati Ruas Jalan Lembang Menonton Karnaval

👤Depi Gunawan 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 19:01 WIB
Warga sangat antusias menyaksikan karnaval, pasalnya selama dua tahun jarang melihat keramaian karena pandemi covid-19...
DOK MI

Kejari Kota Tasikmalaya Tangkap Dua Tersangka Korupsi Di Dinas Kominfo

👤Kristiadi 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 18:44 WIB
KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat menangkap dua orang tersangka dugaan tindak pidana korupsi di Dinas Komunikasi dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya