Kamis 10 Maret 2022, 19:32 WIB

Cilacap dan Banyumas Didorong Jadi Pusat Ekonomi Baru Jateng

Lilik Darmawan | Nusantara
Cilacap dan Banyumas Didorong Jadi Pusat Ekonomi Baru Jateng

MI/Lilik Darmawan
Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto saat memberi sambutan pada Bimtek Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha Baru Industri Kecil Menengah.

 

WILAYAH Cilacap dan Banyumas didorong sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di Jawa Tengah (Jateng). Apalagi, saat sekarang infrastruktur untuk  mengembangkan industrialisasi di kedua wilayah sudah tersedia.

Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto mengatakan bahwa pihaknya terus mendorong agar Cilacap dan Banyumas menjadi titik sumbunya pertumbuhan ekonomi di kawasan Jateng bagian selatan.

"Cilacap dapat menjadi kawasan industri. Apalagi saat ini sudah ada pelabuhan alam terbaik yakni Pelabuhan Tanjung Intan. Kemudian juga ada Bandara Tunggul Wulung dan infrastruktur kereta api (KA). Nantinya akan ada pembangunan jalan tol, baik dari Jawa Barat maupun dari Brebes di wilayah pantura," katanya saat memberikan sambutan pada Bimbingan Teknis Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha Baru Industri Kecil dan Menengah di Jateng, Kamis (10/3) di Purwokerto.

Untuk pelabuhan, misalnya, dapat dibangun menjadi tiga klaster yakni pelabuhan ekspor impor, peti kemas dan pelabuhan pengangkutan penumpang. Dijelaskan Sugeng, Cilacap menjadi wilayah industri, sedangkan Banyumas dikembangkan menjadi daerah pendidikan, jasa dan wisata.

"Banyumas telah mempunyai perguruan tinggi negeri serta ada kawasan wisata Baturraden yang dapat dikembangkan menjadi destinasi
internasional," katanya seraya meminta kepada para pelaku usaha baik skala kecil dan menengah untuk terus mengembangkan diri sebagai penopang perekonomian.

Sementara Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut, Dini Hanggandari, mengatakan bahwa bimtek  yang diselenggarakan untuk pelaku industri kecil dan menengah merupakan bagian dari kerja sama dengan Komisi VII. "Kami mengucapkan terima  kasih, karena telah dibantuk Komisi VII sehingga acara ini dapat terselanggara," katanya. (OL-15)

 

Baca Juga

DOK.MI

Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Angkutan BBM Ilegal Terbakar di Muba

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:45 WIB
Ketiganya ditangkap Satreskrim Polres Muba secara terpisah di rumah...
Dok. Mutuagung Lestari

Perluas Jasa Uji Kualitas Lingkungan, Mutuagung Lestari Resmikan Laboratorium di Pontianak

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:41 WIB
Saat ini, PT Mutuagung Lestari memiliki lima cabang laboratorium lingkungan yang berada di Samarinda, Pekanbaru, Pangkalan Bun, Medan dan...
DOK MI.

Polda Jambi Tangkap Lima Pelaku Penyimpangan Distribusi BBM Subsidi

👤Solmi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:30 WIB
Mereka ialah dua operator APMS Andi, 42, dan Kodri, 46, tiga pembeli penampung atas nama Zulfala, Jumino, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya