Selasa 08 Maret 2022, 21:23 WIB

KKP Sebut Produktivitas Perikanan di Pulau Morotai Rendah 

Insi Nantika Jelita | Nusantara
KKP Sebut Produktivitas Perikanan di Pulau Morotai Rendah 

Antara/Wahyu Putro A
Pekerja di SKPT Morotai memotong ikan tuna

 

KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan (KKP) menerangkan, berdasarkan data, produktivitas perikanan Pulau Morotai, Maluku Utara, masih tergolong rendah. 

Dari potensi sumber daya ikan sebesar 68,5 ribu ton per tahun, hasil produksinya baru di angka 6.272 ton per tahun. Angka ini, kata Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, harus terus digenjot agar kesejahteraan masyarakat ikut meningkat. 

Menurutnya, keberadaan Sentra Kelautan dan Perikanan (SKPT) Morotai harud dioptimalkan sepenuhnya untuk mendongkrak produktivitas masyarakat nelayan. 

"Tolong dikoreksi dan rencana ulang lagi yang bener untuk kepentingan masyarakat nelayan," kata dia dalam keterangan resmi saat meninjau SKPT Morotai bersama jajarannya, Selasa (8/3). 

KKP berjanji segera mengisi sejumlah fasilitas pendukung operasional SKPT Morotai. Fasilitas pendukung yang akan dilengkapi di antaranya cold storage terintegrasi, kantor pelabuhan, pabrik es, kios nelayan. 

Baca juga : 3.000 Pohon Hijaukan Lahan Kritis Hutan Lindung Kalipang

Lalu, fasilitas tambat labuh hingga pengolahan sampah terpadu. SKPT Morotai selanjutnya dikelola oleh Ditjen Perikanan Tangkap KKP. 

Menurutnya, peran SKPT harus dioptimalkan untuk mendongkrak produktivitas ribuan nelayan Morotai yang sebagian besar merupakan nelayan tradisional. 

Apalagi Pulau Morotai yang terletak di tiga Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 715, 716 dan 717, dikatakan memiliki potensi tangkapan besar utamanya ikan tuna. 

Selain fasilitas kegiatan perikanan, KKP juga mengaku akan rutin melakukan pengembangan kualitas sumber daya manusia baik melalui pelatihan maupun penyuluhan. 

KKP sendiri memiliki gedung Morotai Integrated Aquarium and Research Institute (Miamari) yang rencananya menjadi pusat pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan di pulau berjuluk Mutiara di Bibir Pasifik tersebut. (OL-7)

Baca Juga

MI/Widjajadi

Angka Stunting Boyolali Tinggi, Perlu Kerja Keras untuk Menurunkannya

👤Widjajadi 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:30 WIB
Meski di bawah angka stunting nasional, Boyolali masih harus bekerja keras karena prevalensi stunting masih tergolong...
MI/DJOKO SARDJONO

Covid-19 di Klaten Landai, Tiga Kasus Aktif Isolasi Mandiri

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:20 WIB
Warga terjangkit covid-19 di Klaten menjalaninya isolasi mandiri di...
DOK/SEMEN GRESIK

Semen Gresik Perkuat Energi dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Pabrik Rembang

👤Haryanto 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:15 WIB
Tujuan penggunaan solar panel adalah penghematan energi, dan mendukung program pemerintah dalam percepatan peningkatan pemanfaatan energi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya