Kamis 03 Februari 2022, 13:27 WIB

BNN Empat Lawang Temukan Ribuan Pohon Ganja dari Ladang Seluas 1 Hektare

Dwi Apriani | Nusantara
BNN Empat Lawang Temukan Ribuan Pohon Ganja dari Ladang Seluas 1 Hektare

MI/Dwi Apriani
Rilis ungkap kasus satu hektare ladang ganja di Bukit Mandi Angin, Kecamatan Pendopo Barat, Empat Lawang, Sumsel.

 

BADAN Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Empat Lawan, Sumatera Selatan menyita sekitar 1.000 batang ganja dari ladang di Bukit Mandi Angin, Kecamatan Pendopo Barat, Empat Lawang. Tanaman ganja tersebut tumbuh subur di ladang seluas satu hektare pada lereng curam perbukitan.

Kepala BNN Kabupaten Empat Lawang, AKB Syahril mengatakan temuan ladang ganja tersebut berawal dari informasi masyarakat. Berdasarkan informasi tersebut, personel BNN Kabupaten Empat Lawang langsung melakukan penyelidikan. Saat dilakukan penyelidikan, lanjut AKBP Syahril, pihaknya menangkap seorang pemuda asal Kecamatan Pendopo Barat, EF, 25, yang berada di sekitar TKP.

"Saat ditangkap, tersangka ternyata membawa daun ganja sebanyak kurang lebih setengah kilogram. Daun ganja tersebut disimpan di badannya," ujar Syahril, Kamis (3/2).

Saat diinterogasi petugas, EF mengaku, bahwa dirinya memperoleh ganja itu dari seseorang terduga pemilik kebun ganja seluas satu hektar tersebut yang kini menjadi daftar pencarian orang (DPO). "Dari pengakuan EF inilah, kami mengetahui dimana lokasi ladang ganja tersebut," jelasnya.

Usai menginterogasi EF, lanjut Syahril, pihaknya yang dibantu personel BNN Kabupaten Lubuk Linggau, Musi Rawas dan BNN Provinsi Sumsel langsung melakukan penyisiran lokasi ladang ganja. Setidaknya membutuhkan waktu 3,5 jam berjalan kaki hingga akhirnya petugas BNN tiba di lokasi. "Awalnya kita tidak menduga jika lokasinya berada di perbukitan curam dengan kemiringan 45 derajat," katanya.

Saat lokasi ladang ganja tersebut ditemukan, Syahril menjelaskan,  kondisi tanaman ganja yang batangnya besar tampak tidak terlalu tidak tinggi, karena diduga dirawat dan dibentuk seperti tanaman bonsai. "Tanaman ganjanya tidak ada yang tinggi melebihi tanaman kopi di sekitar lokasi, mungkin sengaja disamarkan seperti bonsai agar tidak terpantau drone petugas yang kerap memeriksa dan memantau," katanya.

Setelah tanaman ganja tersebut diangkut ke BNNK Empat Lawang, barang bukti tersebut dan seorang EF dibawa ke kantor BNN Provinsi Sumsel di  Palembang. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA/Muhammad Adimaja

KPK Kembangkan Kasus Korupsi yang Menjerat Haryadi Suyuti

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 20:00 WIB
KPK juga masih mengembangkan adanya dugaan tindak pidana yang...
ANTARA FOTO/Maulana S

Ganjar Minta Desa Bentuk Bolo Ternak untuk Tanggulangi PMK

👤Widjajadi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 19:51 WIB
Dengan konsep bolo ternak atau jogo ternak di tingkat desa di masa wabah PMK, akan membuat pertolongan dan penyehatan hewan ternak sapi...
MI/JAMAAH

Pemkab Tuban Minta Tambahan Jatah Vaksin pada Kementan

👤M Yakub 🕔Kamis 30 Juni 2022, 19:40 WIB
Pemkab juga meminta tambahan jatah vaksin kepada Kementerian Pertanian karena alokasi vaksin yang diterima tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya