Selasa 01 Februari 2022, 18:56 WIB

68 Orang Dari Klub Liga 1 Terpapar Covid-19

Widhoroso | Nusantara
68 Orang Dari Klub Liga 1 Terpapar Covid-19

ANTARA/Nyoman Budhiana
Laga Liga 1 2021-2022

 

BADAI Covid-19 sedang menerpa kontestan Liga 1 2021/2022 yang dilangsungkan di Bali. Sebanyak 68 orang dari 12 klub dinyatakan terpapar Covid-19.

Hanya saja, tidak disebutkan nama pemain dan klub mana saja yang terinfeksi virus corona. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi memilih untuk merahasiakannya.

Akibat serangan Covid-19, laga Madura United kontra Persipura Jayapura di Stadion Kompyang Sujana, Selasa (1/2), terpaksa ditunda. Penyebabnya, skuad Laskar Sape Kerrab tersisa kurang dari 14 pemain.

"Total tim yang sekarang ada terjangkit positif konfirmasi, kami catat ada 12 tim tapi dengan porsi pemain dan ofisial yang berbeda-beda. Dari 12 tim tadi ada 68 orang isolasi, terdiri dari 52 pemain dan 16 ofisial," kata tim Satgas Covid-19 Liga 1, dr Alfan Nur Asyhar saat jumpa pers virtual.

Alfan menjelaskan sudah berusaha untuk mencegah penyebaran virus corona di Liga 1. Caranya adalah dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan melakukan swab test secara berkala.

Namun, nyatanya masih saja ada pemain dan ofisial yang terpapar Covid-19. Kejadian tersebut bakal menjadi bahan evaluasi pihaknya supaya tidak terulang lagi.

"Kurang lebih pukul 10-11 pagi sehari sebelum tanding hasil keluar siang atau sore. Setelah hasil tersebut, ketika tim tadi ada positif, masing-masing yang positif diisolasi. Keesokan harinya anggota klub yang positif tadi akan dicek ulang, pada hari H pertandingan," ujarnya.

"Kemudian kalau hasilnya menunjuk PCR negatif akan melakukan swab antigen untuk melihat muncul lagi atau tidak, yang negatif bisa bertanding. Jadi seleksi beberapa tahap," ia menambahkan.

Selain itu, Alfan menyampaikan setiap orang baik pemain atau ofisial yang positif virus corona tidak mengalami gejala berat dan langsung dibawa untuk melakukan isolasi mandiri di daerah Kuta serta Ubud, Bali. Kondisi mereka bakal dipantau setiap harinya.

"Ada satu dua yang ringan, misalnya gejala batuk. Batuk dan demam tinggi, gejala berat tak ada sama sekali. tapi gejalanya mayoritas OTG (orang tanpa gejala). Karena itu ini yang kami harap recoverynya bisa cepat," jelasnya. (Goal/OL-15)

Baca Juga

MI/HO

Emak-Emak Kendal Ramaikan Lomba Futsal bersama Teman Sandi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:23 WIB
Teman Sandi berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membangkitkan semangat warga dan tentunya dapat mengajak masyarakat lebih...
MI/HO

Gelar Hackathon di Surabaya, Sahabat Ganjar Lanjut Cari Talenta Inovatif

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:17 WIB
Hackathon merupakan event kompetisi teknologi yang ditujukan untuk mahasiswa/i diseluruh penjuru Indonesia dengan tujuan menggali peran...
MI/Kristiadi

Bus City Trans Utama Masuk Jurang, 3 Orang Tewas

👤Kristiadi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 11:19 WIB
Ketiga orang yang meninggal dunia itu adalah sepasang suami istri dan seorang kernet...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya