Kamis 27 Januari 2022, 20:19 WIB

Anggaran Pemeliharaan Jalan Provinsi di Selatan Cianjur Minim

Benny Bastiandy/Budi Kansil | Nusantara
Anggaran Pemeliharaan Jalan Provinsi di Selatan Cianjur Minim

DOK MI
Ilustrasi kerusakan jalan

 

INFRASTRUKTUR jalan milik Provinsi Jawa Barat menuju ke wilayah selatan Kabupaten Cianjur kondisinya rusak. Di sisi lain, anggaran pemeliharaan jalan yang dialokasikan Pemprov Jabar informasinya relatif cukup minim.

Wakil Bupati Cianjur Tb Mulyana Syahrudin menyebutkan ruas jalan provinsi di Kabupaten Cianjur terbentang dari sekitar Pasirhayam Kecamatan Cilaku hingga ke Kecamatan Cidaun. Panjangnya hampir mencapai sekitar 100 kilometer.

"Jalan antara Pasirhayam sampai dengan Cidaun itu keadaannya rusak. Kurang layak dilalui," kata Mulyana, Kamis (27/1).

Padahal, sebut Mulyana, ruas jalan provinsi itu merupakan salah satu akses utama dari pusat perkotaan Cianjur menuju ke wilayah selatan. Pemerintah Kabupaten Cianjur, kata Mulyana, sudah menyampaikan kondisi jalan rusak tersebut ke Gubernur Jawa Barat.

"Pak Bupati sudah menyampaikan hal tersebut ke pak Gubernur. Tetapi kan keputusan ada di Gubernur," ucapnya.

Namun, sebut Mulyana, perlu dipahami juga kondisi anggaran saat ini yang terdampak pandemi covid-19. Terjadi defisit anggaran yang dialami Pemprov Jabar maupun Pemkab Cianjur.

"Sehingga anggaran-anggaran itu terkoreksi antara 30%-40%. Karena itu, tentu ini akan berdampak terhadap pembangunan," tegasnya.

Kabarnya, anggaran yang dialokasikan untuk pemeliharaan jalan provinsi di Kabupaten Cianjur hanya sebesar Rp160 jutaan. Dalam penilaian Pemkab Cianjur, alokasi anggaran sebesar itu sangat minim untuk memelihara ruas jalan yang panjangnya hampir 100 kilometer.

"Saya tidak tahu titik mana yang akan dipelihara. Apakah itu pemeliharaannya hanya babad saja atau juga melapis titik-titik STA yang paling parah," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, menjelaskan sesuai target rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Cianjur, akhir tahun 2021 kemantapan jalan ditargetkan bisa mencapai 65%. Eri juga menuturkan Pemkab Cianjur memiliki program pembangunan 1.000 kilometer jalan beton.

"Kewenangan infrastruktur jalan terbagi menjadi jalan berstatus lingkungan, jalan desa, dan jalan kabupaten. Kami menangani ruas-ruas jalan kabupaten," terang Eri. (OL-15)

Baca Juga

Ist

Banjir Rob di Jateng, Human Initiative Bagi Makanan Siap Santap dan Air Bersih

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 09:05 WIB
Di Kawasan Lamicitra Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, para pekerja dipulangkan sebagai antisipasi apabila debit air yang melimpas semakin...
 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Jaswita Jabar Kembangkan Objek Wisata Baru di Ciwidey

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:40 WIB
Hejo Forest menyajikan wisata alam di Kabupaten...
MI/Ruta Suryana

240 Siswa PAUD dan Orangtua Berkolaborasi Ikuti Lomba Kreativitas

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:38 WIB
Pada acara ini ada 3 kegiatan yang dilombakan. Yakni Lomba Peragaan Busana ke Pura, Lomba Simulasi Berlian, dan Lomba Menyajikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya