Selasa 04 Januari 2022, 13:25 WIB

Akhirnya, Yang Dinanti Pelajar, PTM 100% di Kudus Digelar

Jamaah | Nusantara
Akhirnya, Yang Dinanti Pelajar, PTM 100% di Kudus Digelar

MI/Jamaah
Siswa SMP 3 Kudus mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara 100%, Selasa (4/1/2021).

 

PEMBELAJARAN Tatap Muka (PTM) secara 100% di Kabupaten Kudus akhirnya telah dapat dilangsungkan pada awal pekan 2022 pada Senin (3/1/2022). Proses PTM 100% disambut antusias oleh sejumlah pelajar di Kudus. Kondisi tersebut merupakan yang ditunggu-tunggu pelajar agar proses belajar mengajar dapat seperti sediakala.

Salah satu siswi SMP 3 Kudus, Imroatun Nadhifa Al Khanza mengaku sangat senang akhirnya proses pembelajaran dapat seperti semula. Sejak mendapat informasi adanya PTM secara 100%, ia berharap ke depannya proses belajar mengajar dapat pulih.

"Alhamdulillah sejak kemarin sudah bisa ketemu dengan seluruh teman-teman di kelas. Pertama masuk kemarin senang rasanya," kata Zaza sapaan siswi kelas VII SMP 3 Kudus saat ditemui Media Indonesia, Selasa (4/12/2021).

Lebih lanjut ia mengaku siap dengan perubahan kondisi sekolah di tengah pandemi Covid-19. Meski harus mengenakan masker selama pembelajaran tidak menjadi masalah, yang terpenting proses pembelajaran di awal tahun 2022 menjadi awal bangkitnya pendidikan.

"Tadi masuknya sesuai prosedur, harus pakai masker. Cuci tangan, cek suhu terlebih dahulu sebelum masuk sekolah," jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Faren Afredo siswa kelas VII SMP 3 Kudus, Faren. Dia  mengaku senang akhirnya pembelajaran normal dapat kembali digelar. Ia mengaku bosan dengan proses pembelajaran secara daring. Dengan cara PTM 100% ini, ia bersiap mengingatkan kepada teman-teman agar tetap menjaga protokol kesehatan terjaga.

"Iya pak tahu, syaratnya harus jaga prokes. Saya siap jika dijadikan Satgas prokes dikelas saya, agar proses pembelajaran tetap seperti gini terus," harapnya.

Sementara Suhartono Kepala Sekolah SMP 3 Kudus menyampaikan, paska dibolehkan PTM 100% pihaknya juga sudah menyiapkan segala sarpras dalam menunjang, termasuk dalam kebutuhan protokol kesehatan yang menjadi syarat utama PTM 100% kali ini. SMP 3 Kudus sendiri memiliki kurang lebih 850 siswa.

"Pembelajaran ini kan sudah dimulai. Kami sudah siapkan satgas khusus, seluruh siswa wajib cuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki kelas," paparnya kepada awak media.

Kabid Dikdas Disdikpora Kudus M. Zubaedi dalam kunjunganya di SMP 3 Kudus mengatakan, sejak kemarin di Kudus mulai SD hingga SMP sudah menggelar PTM 100%. Dalam pantauannya seluruh sekolah sudah menjalankan sesuai prosedur protokol kesehatan.  "Dalam PTM 100% ini 6 jam pembelajaran, semua harus patuhi
prokes," katanya.

Dari awal PTM seratus persne kali ini, nantinya bersama pihak terkait bakal melakukan evaluasi lebih lanjut. Meski begitu PTM 100% di Kudus sudah cukup maksimal. Sebelumnya, PTM 100% dilakukan pemerintah pusat sebagai upaya mengejar ketertinggalan pembelajaran sejak pandemi Covid-19. Pemerintah berusaha mencegah learning loss (kehilangan kesempatan belajar) berlanjut. (JA/OL-10)

Baca Juga

ANTARA

Sapi Terjangkit PMK di Cianjur Jalani Masa Karantina

👤Benny Bastiandy 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 18:22 WIB
TIM Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengambil langkah isolasi terhadap hewan ternak sapi yang...
dok.ist

Emak-emak Jabar Pilih Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:44 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo mempunyai kapasitas dan kapabilitas untuk menjadi Presiden Indonesia di...
DOK MI.

26 Orang Hilang setelah Feri Tenggelam di Selat Makassar

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:05 WIB
Pekan lalu, feri yang membawa lebih dari 800 orang kandas di perairan dangkal di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan terjebak selama dua hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya