Selasa 21 Desember 2021, 14:01 WIB

Banjir di Aceh Barat Rendam Delapan Desa

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
Banjir di Aceh Barat Rendam Delapan Desa

MI/Amiruddin Abdullah Reubee.
Banjir yang melanda permukiman warga di Aceh Utara, Provinsi Aceh, beberapa waktu lalu.

 

SETELAH diguyur hujan terus menerus, delapan desa di Kecamatan Woyla Barat, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, terendam banjir. Hal itu karena luapan Sungai Krueng Woyla yang melintasi kawasan permukiman warga setempat, pada Selasa (21/12) dini hari.

Adapun delapan desa yang terendam itu meliputi Lueng Male, Napai, Alue Leuhop, Blang Cot Mameh, Pasi Male, Cot Rambong, Blang Luah, dan Blang Cot Rubek. Ketinggian air berkisar 20 cm hingga 1 meter. Akibatnya, ratusan rumah warga tendam banjir dan sebagian lain hanya memenuhi pekarangan atau halaman depan. 

Itu sebabnya aktivitas kebiasaan warga terhenti dan harus mewaspadai bila arus luapan sungai terus bertambah. Menurut Asrajuddin, Petugas Pengendalian Data Operasi (Pudalops) pada Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, sesuai kondisi di lapangan luapan air sungai semakin bertambah. Diharapkan warga mewaspadai bila kondisi mengkhawatirkan.

Walaupun pagi tadi belum ada pengungsi, tetapi masyarakat harus bersiap bila kondisi mengharuskan menghindar dari lokasi banjir. Dikatakan Asrajuddin, pihaknya sedang mematau perkembangan dan mengawasi lokasi guna mengabil langka efektif bila diperlukan.

Catatan Media Indonesia, Krueng Woyla termasuk sungai ganas di Aceh Barat. Setiap musim penghujan paling sering terjadi banjir dan meluap ke permukiman penduduk. Bahkan setiap tahun rumah-rumah warga sepanjang aliran sengai itu sempat terendam berulang kali.

Baca juga: Kejagung Tangkap Pengusaha Inisial HT dan Jaksa di Kupang

Bahkan mereka harus mengungsi dan mendirikan tenda daruran mencari lokasi yang lebih tinggi. Akibatnya aktivitas perekonomian masyarakat terhenti dan proses belajar mengajar di sekolah-sekolah terpaksa libur. (OL-14)

Baca Juga

dok.ist

Warga Desa di Kalteng Nyatakan Dukungan Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:35 WIB
RATUSAN masyarakat Kalimantan Tengah yang tergabung dalam Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) Kalteng mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah,...
ANTARA

PT KAI Daop 3 Cirebon Tambah Jadwal KA Argo Cheribon

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:15 WIB
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, yang biasanya mengoperasikan kereta api (KA) Argo Cheribon dua kali sehari,...
DOK MI

Kasus PMK Telah Menyebar Di 20 Kabupaten/Kota Di Jabar

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:05 WIB
2.816 hewan ternak berkuku belah seperti sapi potong, sapi perah, domba dan kambing di Jawa Barat tertular virus yang menyebabkan penyakit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya