Minggu 12 Desember 2021, 21:14 WIB

Forkoma PMKRI Diharapkan Terlibat dalam Pengembangan Destinasi Wisata Super Premium 

Thomas Harming Suwarta | Nusantara
Forkoma PMKRI Diharapkan Terlibat dalam Pengembangan Destinasi Wisata Super Premium 

Dok. Pribadi
Ketua Forkoma PMKRI Hernawi Taslim

 

FORUM Komunikasi Alumni PMKRI (Forkoma PMKRI) dituntut untuk ambil bagian menyiapkan masyarakat lokal dalam rangka menyongsong era wisata super premium di sejumlah daerah. Masyarakat lokal tersebut nantinya siap bersinergi dengan berbagai kalangan di sejumlah daerah yg telah ditetapkan pemerintah sebagai destinasi wisata super premium. 

"Artinya penting peran para alumni PMKRI untuk jadi motor penggerak di daerah-daerah tujuan wisata super premium di seluruh Indonesia. Perannya dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia lokal sehingga mereka bisa berperan aktif dalam rangka pengembangan pariwisata di daerahnya," ungkap Hermawi Tasim, Ketua Forkoma PMKRI dalam keterangannya, Minggu (12/12). 

Wasekjen DPP NasDem tersebut menambahkan, selama pekan pertama Desember ini dia sudah melakukan kunjungan ke dua destinasi wisata super premium yaitu Danau Toba di Sumatera Utara dan Labuan Bajo, NTT. 

Di Pulau Samosir, Taslim berkunjung selama 3 hari melihat situasi, berdialog dengan pelaku wisata dan melantik pengurus Forkoma Samosir yang dipimpin Pilippi Simarmata. Di sana Taslim menekankan pentingnya menyiapkan sumber daya masyarakat lokal yang mampu mengisi pasar kerja di era wisata super premium. 

"Perannya bisa macam-macam, termasuk melalui berbagai pelatihan yang akan dilakukan guna memberi bekal kepada orang muda di daerah agar bisa berperan aktif," kata Taslim. 

Baca juga : Perempuan Bangsa Berikan Trauma Healing Pengungsi Erupsi Semeru

Sama halnya ditegaskan Taslim saat berada di Labuan Bajo agar Forkoma PMKRI NTT mengidentifikasi dengan cermat apa saja yang bisa dilakukan untuk menambah bekal masyarakat lokal agar dapat menjadi mitra BUMN, masyarakat pendatang dan dunia usaha lainnya dalam rangka mengisi era wisata super premium di Labuan Bajo. 

"Masyarakat lokal bagaimana pun harus siap, karna era ke depan akan menjadi arena persaingan bebas, sudah tidak zaman lagi menuntut kebijakan khusus buat masyarakat lokal, karna destinasi wisata sudah menjadi sebuah komoditi global," ucapnya. 

Taslim menekankan juga agar Forkoma PMKRI mencermati dengan seksama apa saja yang bisa dibuat untuk memperkuat posisi tawar masyarakat lokal, konkrit dan terukur. 

"Jadi bukan sekedar wacana lagi. Tapi apa yang menjadi kebutuhan riil masyarakat setempat itu yang harus dikerjakan," pungkasnya. 

Mendampingi Taslim dalam kunjungan di Labuan Bajo adalah Ketua Forkoma PMKRI NTT Aloysius Min, yang bertekad mendampingi masyarakat lokal NTT agar siap berperan maksimal di era wisata super premium khususnya Labuan Bajo. (OL-7)

Baca Juga

HO

Habaib Dan Kiai Jatim Doakan Gus Muhaimin Presiden 2024

👤Widhoroso 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:57 WIB
PARA habaib dan kiai serta ribuan warga dari berbagai daerah di Jawa Timur (Jatim) mendoakan Muhaimin Iskandar sebagai Presiden...
DOK.MI

Tanah Longsor di Mamasa, 2 Tewas dan 6 Desa Terisolasi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:55 WIB
BPBD bersama tim gabungan terus berupaya melakukan penanganan darurat di lokasi terdampak guna menemukan kemungkinan adanya korban...
ANTARA

Sopir Angkot Palembang Resah Dengan Penerapan Aplikasi MyPertamina

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:24 WIB
MESKI belum diterapkan di Palembang, Sumatera Selatan, namun masyarakat mulai mempertanyakan penggunaan aplikasi MyPertamina untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya