Senin 06 Desember 2021, 20:55 WIB

Telah Lahir Anak Gajah Jantan di Taman Nasional Tesso Nilo

Atalya Puspa | Nusantara
Telah Lahir Anak Gajah Jantan di Taman Nasional Tesso Nilo

ANTARA FOTO/Yudhie
Bayi gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) bersama induknya di Taman Nasional Tesso Nilo Kabupaten Pelalawan, Riau

 

PADA Kamis (2/12), telah lahir seekor anak gajah di camp elephants flying squad SPTN Wilayah I Lubung Kembang Bunga, Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Desa Lubuk Kembang Bungo, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan. Anak gajah tersebut lahir pada pukul 02.00 WIB.

Dikatakan Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau, Heru Sutmatoro bayi gajah tersebut berjenis kelamin jantan, dan berdasar hasil pengukuran morfometri anak Gajah tersebut lahir dengan tinggi badan 86 cm, panjang badan 102 cm, lingkar badan 103 cm dan berat badan 84 kg.

"Proses kelahiran berlangsung secara normal dengan induk dan bayi dalam keadaan sehat," kata Heru dalam keterangan resmi, Senin (6/12).

Baca juga: Museum Nyah Lasem, Potret Rumah Gaya Gladhak Jawa

Ia membeberkan, anak gajah tersebut merupakan anak keempat dari seekor gajah bernama Ria sebagai hasil dari breeding dengan Gajah liar.

Sebelumnya Gajah Ria yang berusia 45 tahun telah melahirkan 3 ekor anak Gajah yang bernama Tesso, Tino, dan Harmoni Rimbo.

Seperti diketahui, Gajah Sumatra merupakan salah satu jenis satwa liar dilindungi di Indonesia berdasarkan Peraturan Menteri LHK Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri LHK Nomor: P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar yang Dilindungi.

Berdasarkan The IUCN Red List of Threatened Species, Gajah Sumatera berstatus Critically Endangered atau spesies yang terancam kritis, beresiko tinggi untuk punah di alam liar. Selain itu, Gajah sumatera juga merupakan satwa prioritas dan menjadi salah satu nilai penting dalam pengelolaan Kawasan TNGL. (OL-4)

Baca Juga

Dok.MI

Polrestabes Medan Ungkap Kasus Pencabulan Anak Kandung

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 21 Januari 2022, 07:00 WIB
Hasil interogasi, pelaku mengaku melakukan pencabulan sejak Desember 2021 dengan cara mengancam korban untuk memperlancar aksinya...
MI/Apul Iskandar

Wali Kota Tebing Tinggi Raih Penghargaan dari OJK

👤Apul Iskandar 🕔Jumat 21 Januari 2022, 06:44 WIB
Wali Kota Tebing Tinggi itu menjadi satu-satunya kepala daerah dari 514 daerah Kabupaten/Kota se-Indonesia yang menerima penghargaan...
MI/PALCE AMALO

Pembangunan Jembatan Naen di Timor Tengah Utara Rampung 90%

👤Palce Amalo 🕔Jumat 21 Januari 2022, 06:23 WIB
Sebelumnya, warga di daerah itu memprotes pemerintah daerah karena menilai pembangunan jembatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya