Sabtu 04 Desember 2021, 08:07 WIB

BMKG: Sebagian Wilayah NTT Diguyur Hujan Deras

Palce Amalo | Nusantara
BMKG: Sebagian Wilayah NTT Diguyur Hujan Deras

dok.Ant
Ilustrasi:petugas BMKG mengamati pergerakan cuaca malalui citra satelit.

 

BADAN Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat untuk mewaspadai dampak buruk yang ditimbulkan hujan lebat yang mengguyur daerah itu, Sabtu (4/12).

Hujan lebat turun di Flores Timur meluas ke Sikka, Sabu Raijua, Kota Kupang, Kabupaten Kupang dan Timor Tengah Selatan, dan Rote Ndao sejak pukul 04.30 dan masih berlangsung sampai pukul 9.30 Wita.

Hujan lebat berpotensi mengakibatkan banjir, tanah longsor dan pohon tumbang. Untuk itu, warga yang bermukim di dekat sungai diingatkan untuk waspada.

"Waspadai potensi cuaca ekstrem seperti hujan es, hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat, puting beliung yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor,"  kata Kepala Stasiu Meteorologi Kelas II El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi lewat keterangan tertulis. Sabtu (4/12).

Menurutnya, saat ini posisi matahari berada di belahan bumi selatan menyebabkan Indonesia pada umumnya sudah memasuki musim hujan, potensi pembentukan awan-awan konvektif mulai meningkat termasuk wilayah NTT. Kondisi ini menyebabkan hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Adapun tinggi gelombang di perairan berkisar 1,25-2,5 mete terjadi di Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Samudera Hindia selatan Sumba dan Sabu, Laut Sawu, Perairan Selatan Kupang hingga Rote, serta Samudera Hindia selatan Kupang dan Rote.

BMKG mengingatkan armada pelayaran mewaspadai perairan yang bergelombang tinggi terutama kapal nelayan dan fery. "Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap waspada," tulisnya. (OL-13)

Baca Juga: Kodim 1609/Buleleng Bali Tanam 1000 Pohon Secara Serentak

Baca Juga

MGN/Khairul Anam

Pengikut Aliran Kelompok Mahfudijanto di Pasuruan Bertobat

👤Khairul Anam (MGN), Muhardi (SB) 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:07 WIB
Mereka juga membaca istighfar dan dua kalimat syahadat sebanyak tiga kali sebagai tanda mereka...
MGN/Darbe Tyas

BMKG Cilacap: Awas, Gelombang Tinggi di Samudra Hindia Capai 4 Meter Lebih

👤Darbe Tyas (MGN), Yuchri Prabudi (SB) 🕔Kamis 19 Mei 2022, 14:56 WIB
PERINGATAN gelombang tinggi di wilayah perairan Samudra Hindia diberikan oleh Badan Meteoraologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap,...
MI/Lina Herlina

Angkasa Pura Bandara Sultan Hasanuddin Target 30 Ribu Penumpang Sehari

👤Lina Herlina 🕔Kamis 19 Mei 2022, 14:55 WIB
Kemenhub mengeluarkan surat edaran No 56 Tahun 2022 bahwa penumpang pesawat tidak harus melakukan swab PCR dan antigen bagi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya