Kamis 25 November 2021, 14:25 WIB

Banjir Pekalongan Ratusan Warga Bertahan di Pengungsian

Akhmad Safuan | Nusantara
Banjir Pekalongan Ratusan Warga Bertahan di Pengungsian

Antara/Harviyan Perdana Putra.
Sejumlah anak menggunakan rakit melewati jalan di sekitar rumah yang tergenang banjir rob di Degayu, Pekalongan, Jateng, Senin (16/11).

 

BANJIR masih merendam Kota Pekalongan, Jawa Tengah, dengan ketinggian air 30-75 sentimeter. Sebanyak 174 jiwa masih bertahan di lima titik pengungsian karena rumah tidak dapat ditempati.

Pemantauan Media Indonesia, Kamis (25/11), bencana banjir yang terjadi sejak Senin (22/11) hingga kini belum surut. Beberapa wilayah baik di Pekalongan Utara, Timur, dan Barat masih terendam banjir dengan ketinggian air 30-100 sentimeter. Belum terlihat tanda-tanda banjir akan surut karena hujan dengan intensitas sedang dan lebat masih mengguyur.

Selain beberapa sungai meluap, banjir yang melanda Kota Pekalongan juga disebabkan air laut pasang (rob). "Ada ratusan jiwa warga yang masih bertahan di pengungsian," kata Suryono, 48, warga Tirto, Kota Pekalongan.

Data dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan menyebutkan hingga saat ini masih 174 juga warga masih bertahan di lima titik lokasi pengungsian. Mereka ada di Aula Kelurahan Degayu sebanyak 24 jiwa, Kelurahan Kraton Kidul 79 jiwa, Musala Al Hikmah Kelurzhsn Pasirkramat 10 jiwa, TPQ Al Hikmah Tirto 48 jiwa, dan Aula Kecamatan Pekalongan Barat 13 jiwa.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Pekalongan Dimas Arga Yuda mengatakan dalam upaya menyelamatkan warga, mereka terpaksa dievakuasi ke tempat aman. Hingga kini mereka masih bertahan di pengungsian karena rumah masih terendam banjir dengan ketinggian di atas 50 sentimeter.

Baca juga: Pemkot Jaksel Bongkar 4 Ruko Biang Kerok Banjir di Kemang

Memenuhi kebutuhan pengungsi, ujar Dimas Arga Yuda, di lokasi pengungsian telah dibangun dapur umum, bahkan bantuan logistik, dan obat. Untuk warga yang masih bertahan di rumah masing-masing juga telah didistribusikan sejumlah bantuan. "Langkah kedaruratan telah diambil," imbuhnya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Dampak Erupsi Semeru, 79 Gardu Listrik Masih Padam

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 05 Desember 2021, 12:40 WIB
Ada 79 gardu listrik dengan 22.826 pelanggan yang terdampak padam pascaerupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu...
MI/Djoko Sardjono

Dewan Kesenian Klaten Gelar Pentas Virtual Drama Komedi

👤Djoko Sardjono 🕔Minggu 05 Desember 2021, 12:15 WIB
Dewan Kesenian Klaten mengembangkan enam bidang seni yang terdiri dari 14 komite, antara lain komite seni pedalangan, ketoprak,...
ANTARA/Makna Zaezar

Semeru Erupsi, Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Lancar

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 05 Desember 2021, 11:33 WIB
"Di Kabupaten Lumajang, terdapat 17 SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) dan 12 Agen LPG PSO (Subsidi) yang saat ini tetap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya