Rabu 17 November 2021, 21:32 WIB

Sumut Diminta Bangun Mal Pelayanan Publik

Yoseph Pencawan | Nusantara
Sumut Diminta Bangun Mal Pelayanan Publik

MI/Yoseph Pencawan
Wapres Ma'ruf Amin (dua kanan) memimpin rapat pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pelayanan publik, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Rabu (17/11)

 

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin menginstruksikan pemerintah daerah di Provinsi Sumatera Utara membentuk Mal Pelayanan Publik sebagai bagian dari upaya percepatan reformasi birokrasi.

Instruksi itu disampaikan Wapres saat memimpin rapat mengenai pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pelayanan publik pemerintah daerah Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Medan, Rabu (17/11). "Saya dengar di Sumatera Utara ini belum ada MPP (Mal Pelayanan Publik)," kata Ma'ruf Amin.

Karena itu dia meminta pemerintah daerah di Sumatra Utara segera membentuk MPP. Terlebih, pembentukannya sudah memiliki payung hukum khusus, yakni Peraturan Presiden Nomor 89 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik.

Wapres meminta Sumut membentuk MPP baik di tingkat provinsi maupun di 33 kabupaten dan kota yang ada di provinsi itu. Adapun aktivitas yang dilakukan meliputi seluruh pelayanan perizinan dan pelayanan nonperizinan.

Baik itu yang menjadi kewenangan pemerintah pusat dan daerah maupun kewenangan BUMN dan BUMD, dengan kebutuhan serta kondisi di daerah masing-masing.

Menurut Wapres, pembentukan MPP merupakan salah satu upaya mempercepat reformasi birokrasi di Indonesia. Reformasi birokrasi saat ini menjadi salah satu prioritas pemerintah, terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik.

Kepercayaan investor pun akan bergantung pada pelayanan publik. Dengan MPP, pelayanan publik akan menjadi lebih cepat, mudah dan lebih sederhana.

Selain membentuk MPP, Wapres juga meminta seluruh pemda di Sumut untuk memanfaatkan teknologi dalam memberikan palayanan publik agar lebih efektif, efisien dan responsif. Ini akan semakin mendorong tata pemerintahan yang profesional, efektif, efisien, bersih dan bebas korupsi.

Wapres sudah tiba di Medan sejak Selasa (16/11) sore seusai kunjungan kerja dari Aceh. Ma'ruf melanjutkan kunker di Medan dengan menggelar rapat tersebut didampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian serta A Halim Iskandar, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. (OL-15)

Baca Juga

Dok Instagram @ataliapr/@emmerilkahn

Anak Ridwan Kamil Belum Ditemukan, Pencarian Terus Dilakukan

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 27 Mei 2022, 12:23 WIB
Keberadaan anak Ridwan Kamil, Emeril Khan belum diketahui hingga saat ini. Pencarian terus...
Instagram @ataliapr/ @emmerilkahn

Putra Sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil Ditemukan Selamat

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 11:24 WIB
Adik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Jumat (27/5) siang mengabarkan Emmeril Khan Mumtadz sudah ditemukan dengan...
dok.ist

Kementan - DPR Tingkatkan Kapasitas Petani Milenial Kubu Raya

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 11:18 WIB
KOMANDO Strategis Pembangunan Pertanian (KostraTani) menjadi gerakan pembaharuan pembangunan pertanian yang terus didengungkan Kementerian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya