Senin 15 November 2021, 21:00 WIB

Forum Komunikasi Doa Bersama Jadikan Pertanian Program Prioritas

Media Indonesia | Nusantara
 Forum Komunikasi Doa Bersama Jadikan Pertanian Program Prioritas

Dok FKDB
Ayep Zaki menyerahkan secara simbolis bibit tanaman durian kepada Dinas Pertanian Balikpapan.

 

PERTANIAN menjadi salah satu program prioritas Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) dengan menghijaukan banyak wilayah di Indonesia melalui penanaman padi, jagung, jambu kristal, alpukat, durian, dan lain-lain.

Sebelumnya hal tersebut dimulai dengan penanaman durian dan alpukat di Riau dan Papua. Kali ini Dewan Pengurus Daerah (DPD) FKDB Provinsi Kalimantan Timur bekerja sama dengan Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan setempat melakukan penanaman perdana bibit durian dan alpukat di lahan seluas 1,3  hektare (ha) di Kelurahan Teritip, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Tiada hari tanpa menanam, begitulah FKDB yang akan terus menanam di bumi nusantara demi kesejahteraan masyarakat. Seperti hari ini FKDB menanam pohon induk untuk penangkaran bibit durian dan alpukat. Semoga ini menginspirasi siapa pun yang memiliki motivasi kuat untuk memanfaatkan lahan demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat yang berkeadilan. FKDB mendukung program kedaulatan dan ketahanan pangan," ujar Ketua Umum FKDB Ayep Zaki dalam penanaman bibit tanaman produktif tersebut di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (15/11).

Ayep menegaskan bahwa FKDB akan terus mengembangkan pertanian durian, alpukat dan tanaman lainnya. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas pertanian yang kelak akan berpengaruh terhadai peningkatan perekonomian masyarakat.

Sedangkan Ketua DPD FKDB Provinsi Kaltim, Toto Sucipto menambahkan di lahan seluas 1,3 ha tersebut ditanami 70 pohon durian, 65 pohon alpukat, dan sejumlah pohon lainnya. "Acara ini penting dilaksanakan agar mengenalkan budidaya durian dan alpukat yang berkualitas kepada masyarakat, serta meminta dukungan kepada dinas dan pejabat pemerintahan terkait," ucapnya. (RO/O-2)

Baca Juga

DOK/KEMENTAN

Menteri Pertanian Pantau Penanganan PMK di CJM Farm Sumedang

👤Naviandri 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:35 WIB
Selain vaksinasi pemerintah juga terus melakukan pengobatan dan penyemprotan kandang dengan disinfektan sebagai upaya penekanan penularan...
Dok. Pribadi

Sandiaga Berikan Bantuan Pada Pedagang Warung Kopi Tertua di Desa Sembungan Wonosobo

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 18:44 WIB
Mulanya Hartono mengajak Sandiaga untuk mampir ke warungnya usai melihat kuliner carica. Di sana, Sandiaga disuguhkan kopi dan tempe...
MI/DJOKO SARDJONO

Omah Sambung Klaten Menggelar Festival Pelajar Pancasila

👤Djoko Sardjono 🕔Minggu 03 Juli 2022, 18:40 WIB
Penyelenggaraan Festival Pelajar Pancasila dalam rangka peringatan Hari Lahir Bung Karno, Bulan Bung Karno, dan Hari Bhayangkara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya