Jumat 12 November 2021, 14:30 WIB

Terdampak Pergerakan Tanah, 1 Rumah Rusak Berat 3 Terancam

Benny Bastiandy | Nusantara
Terdampak Pergerakan Tanah, 1 Rumah Rusak Berat 3 Terancam

DOK BPBD Kabupaten Cianjur.
Personel BPBD Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, bersama relawan tangguh bencana Desa Sukajadi Kecamatan Campaka mengecek kondisi rumah.

 

BENCANA pergerakan tanah dilaporkan terjadi lagi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kali ini lokasinya berada di Kampung Rawabeureum RT 02/06 Desa Campakawarna Kecamatan Campakamulya.

Berdasarkan laporan, kejadiannya pada Selasa (9/11) sekitar pukul 20.00 WIB. Tanah bergerak usai wilayah itu diguyur hujan deras lebih dari tiga jam.

Hasil asesmen di lapangan, terdapat 4 rumah atau 4 kepala keluarga berpenghuni 13 jiwa yang terdampak pergerakan tanah. Rumah diketahui milik Ahmad Suherlan yang dihuni 2 jiwa, Enjang dihuni 3 jiwa, Muhlis dihuni 3 jiwa, dan Bandan yang dihuni 5 jiwa.

"Ada satu rumah kondisinya rusak berat. Sedangkan kondisi tiga rumah lain terancam," terang Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Sudrajat, kepada Media Indonesia, Jumat (12/10).

Rumah yang rusak berat sudah dibongkar. Penghuninya diungsikan sementara ke madrasah. Pun penghuni tiga rumah dengan kondisi terancam. Mereka juga diungsikan ke madrasah tak jauh dari tempat tinggalnya. "Jumlah pengungsi seluruhnya ada 13 jiwa," jelas Asep.

Sejauh ini situasi dan kondisi di lokasi kejadian terpantau aman dan terkendali. Namun warga tetap diingatkan waspada dan siaga karena curah hujan masih cukup tinggi.

"Penanganan sementara sudah kami lakukan. Sampai saat ini personel BPBD dibantu Retana (relawan tangguh bencana) masih memantau lokasi," tutur Asep.

Baca juga: BPBD Mataram Minta Warga Waspada Muka Air Sungai Mulai Naik

BPBD juga telah berkoordinasi dengan perangkat daerah teknis untuk menanganinya. Penanganan tak hanya permukiman yang terdampak, tetapi juga menyangkut bantuan bagi pengungsi. "Nanti lokasi pergerakan tanah akan diteliti tim dari Badan Geologi sekaligus dengan pergerakan tanah di Desa Sukajadi Kecamatan Campaka," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/JOJON

4 Wilayah Jabar Ini akan Uji Coba Beli Pertalite lewat Aplikasi

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 28 Juni 2022, 18:15 WIB
Pada periode 1 Juli nanti akan ada empat kota/kabupaten di Jawa Barat yang akan melakukan uji coba untuk transaksi pertalite dan solar bagi...
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

2 Anggota Khilafatul Muslimin di Makassar Berikrar Setia dengan NKRI

👤Lina Herlina 🕔Selasa 28 Juni 2022, 18:09 WIB
"Saat ini sudah bubar kelompok Khilafatul Muslimin di Makassar. Dulu ada kantornya di Rappokalling. Tapi, sudah menurunkan pamfletnya...
DOK.MI

Menteri PPPA: Tangkap Pelaku Kekerasan Seksual di Pesantren Banyuwangi

👤Dinda Shabrina 🕔Selasa 28 Juni 2022, 17:30 WIB
Kementerian PPPA mendorong aparat penegak hukum mengusut kasus tersebut secara tuntas, dengan segera menangkap dan menahan pelaku serta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya