Jumat 12 November 2021, 09:25 WIB

BMKG: Waspadai Hujan Disertai Angin Kencang di Sleman dan Kulonprogo

Agus Utantoro | Nusantara
BMKG: Waspadai Hujan Disertai Angin Kencang di Sleman dan Kulonprogo

dok.Ant
ilustrasi

 

WILAYAH Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kulonprogo, DIY pada Jumat (12/11) siang hingga sore berpotensi dilanda hujan disertai angin kencang dan petir.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Reni Kraningtyas mengatakan, tak hanya hujan deras, tetapi dimungkinkan pula terjadi gelombang tinggi di perairan Samudera Hindia di sebelah selatan DIY.

Lebih lanjut Reni mengemukakan BMKG telah mengatakan Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta , Jumat (12/11) mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yang berlaku selama 24 jam mulai hari
Jumat (12/11) pukul 07.00 WIB.

Karena itu ia meminta masyarakat mewaspadai potensi terjadinya hujan deras yang disertai dengan angin kencang dan petir yang dapat melanda wilayah Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kulonprogo pada hari Jumat (12/11) siang hingga sore.

Untuk wilayah lainnya pada Jumat siang hingga sore dimungkinkan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sdang. Sedangkan pada pagi hari, potensi hujan ringan dapat terjadi di Kulobprogo bagian selatan, Bantul bagian selatan dan Gunungkidul bagian selatan.

Dalamn peringatan dini cuaca yang berlaku 24 jam sejak pukul 07.00 WIB hari Jumat, Reni lebih lanjut mengemukakan pada malam hari, di Bantul bagian selatan, Kulonprogo bagian selatan dan Gunungkidul bagian selatan berpotensi terjadi hujan ringan.

Suhu udara, berkisar antara 22 hingga 30 derajat Celsius, kelembapan udara berkisar 70 hingga 95 persen, angin dari arah tenggara selatan dengan kecepatan maksimum 25 kilometer per jam.

"Tinggi gelombang di Perairan Yogyakarta berkisar antara 1.25 - 2.5 meter atau kategori sedang," kata Retno.

Karena itu, masyarakat yang beraktivitas di perairan Samudera Hindia di sebelah selatan DIY diminta waspada potensi peningkatan gelombang laut dan waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Sleman, dan Kulonprogo bagian utara. (OL-13)

Baca Juga: 135 Tempat Wisata di DIY Sudah Dibuka

 

Baca Juga

dok.ist

Burhan Zainuddin Ajak Optimalkan Kacang Mete Buton Tengah

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:30 WIB
SELAIN hasil laut, potensi hasil bumi Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara dinilai dapat terus dioptimalkan. Salah satunya hasil bumi...
Dok. Kanwil Kemenkumham Babel

Kanwil Kemenkumham Babel, Dorong Kabupaten Bangka untuk Daftarkan Kekayaan Intelektual Komunal

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:10 WIB
Dalam kunjungannya, Harun disambut langsung oleh Bupati Kabupaten Bangka Mulkan, untuk membahas optimalisasi layanan hukum dan hak asasi...
dok.ist

Bupati Harap Sail Teluk Cenderawasih Tingkatkan Ekspor Yellowfin Biak Numfor

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:55 WIB
BUPATI Biak Numfor, Herry Ario Naap berharap penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih 2023 di wilayahnya, dapat mengoptimalkan seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya