Rabu 20 Oktober 2021, 21:36 WIB

Polda Sumut Usut Tujuh Pinjol Diduga Ilegal

Yoseph Pencawan | Nusantara
Polda Sumut Usut Tujuh Pinjol Diduga Ilegal

DOK MI
Ilustrasi

 

KEPOLISIAN Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) sedang mengusut tujuh usaha pinjaman online yang diduga ilegal. Dari ketujuh pinjol, sebanyak enam di antaranya berbasis di Kota Medan dan satu lagi di Kota Tanjungbalai.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengutarakan, pihaknya mendapat laporan dugaan tujuh pinjaman online (pinjol) ilegal dalam kurun Maret-September 2021. "Saat ini laporan-laporan tersebut sudah dalam penyelidikan," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (20/10).

Hadi memastikan kasus pinjol menjadi prioritas penanganan Polda Sumut. Dalam penanganannya Polda Sumut menjalin kerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Namun hingga kini Ditreskrimsus belum pernah memanggil siapa pun meski sudah melakukan pengusutan sejak Maret. Hadi mengatakan penyidik masih mendalami legalitas pinjol-pinjol tersebut.

Secara nasional, sejauh ini Satgas Waspada Investasi (SWI) bentukan OJK sudah menutup 3.516 aplikasi pinjol ilegal. Jumlah itu berkemungkinan terus bertambah karena hingga kini masih dilakukan berbagai upaya pengusutan dan penindakan.

Kendati penindakan terus berjalan, tetapi Kombes Hadi mengimbau masyarakat Sumut untuk tetap waspada terhadap penawaran praktik rentenir bermodus pinjaman online.

OJK juga sudah mengimbau masyarakat agar menggunakan pinjol resmi yang terdaftar atau memiliki izin OJK. Masyarakat bisa mengecek legalitas pinjol melalui layanan nomor 157 dan WhatsApp 081157157157. (OL-15)

Baca Juga

DOK MI.

Mantan Bupati Morowali Utara Ditangkap karena Mencuri Kelapa Sawit

👤M Taufan SP Bustan 🕔Kamis 09 Desember 2021, 17:20 WIB
Asrar yang kini telah berstatus tersangka ditahan penyidik di Polres Morut selama 20 hari terhitung sejak 7 Desember 2021 sampai dengan 26...
MI/Heri Susetyo.

SMPN 2 Tanggulangin Terendam Banjir, Siswa Belajar dalam Genangan

👤Heri Susetyo 🕔Kamis 09 Desember 2021, 16:44 WIB
Ada 10 ruangan yang tergenang air setinggi sekitar lima sentimeter atau semata...
ANTARA/Oky Lukmansyah

Penyidik Kejati Sulawesi Selatan Geledah Kantor PDAM Makassar

👤Lina Herlina 🕔Kamis 09 Desember 2021, 16:29 WIB
Tim Penyidik Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Barat, Kamis (9/12) menggeledah Kantor PDAM Kota Makassar hampir...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya