Rabu 20 Oktober 2021, 18:41 WIB

USU-Komnas HAM akan Urai Sengkarut Konflik Agraria Sumut

Yoseph Pencawan | Nusantara
USU-Komnas HAM akan Urai Sengkarut Konflik Agraria Sumut

DOK MI
Ilustrasi

 

UNIVERSITAS Sumatera Utara dan Komnas HAM akan mencoba mengurai akar permasalahan konflik agraria yang kerap terjadi di Sumut dengan mengundang para tokoh kompeten dalam sebuah seminar virtual.

Kepala Humas, Protokoler, dan Promosi USU Amalia Meutia mengatakan, USU dan Komnas HAM telah bekerja sama untuk mengadakan seminar virtual bertajuk "Penyelesaian Konflik Agraria di Sumatera Utara". "Seminar virtual ini akan diadakan pada hari Kamis 21 Oktober 2021 mulai pukul 9 pagi," ungkapnya, Rabu (20/10).

Menurut dia, agenda ini bertujuan mendorong percepatan penyelesaian konflik agraria di Sumut.

USU dan Komnas HAM menilai perlu ada upaya-upaya yang dilakukan untuk menggesa penyelesaian konflik agraria yang sudah begitu sengkarut di Sumut selama ini. Salah satu upayanya adalah mencoba mengurai akar permasalahan dan menghasilkan rekomendasi solusi dengan mengadakan seminar secara virtual.

Untuk agenda ini telah dipastikan juga keterlibatan beberapa tokoh yang kompeten di bidangnya masing-masing. Mereka yang akan menjadi pembicara ahli antara lain Prof. Saturnino Borras Jr dari ISS Erasmas University Rotterdam, Prof. Christian Lund dari University of Copenhagen, Prof. Dr. Budi Agustono, MS. dari USU serta Henry Saragih dari Serikat Petani Indonesia.

Kemudian Abdon Nababan dari AMAN Sumut, Dr. Surya Tjandra,S.H.,LL.M dari Kementerian ATR/BPN, Abetnego Tarigan dari Deputi II KSP serta Apri Dwi Sumarah S.Hut, Kepala Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan (BPSKL).

Adapun tokoh-tokoh yang menjadi keynote speaker dalam seminar ini adalah Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Moeldoko, Kepala Staff Kepresidenan. Kemudian Sofyan Djalil, Menteri ATR/BPN, dan Bambang Supriyanto, Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian LHK. (OL-15)

Baca Juga

MI/PALCE AMALO

Pengungsi Afghanistan yang Berusaha Bunuh Diri di Jembatan Liliba Kupang Berhasil Diselamatkan

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 06:30 WIB
Polisi menerima laporan aksi nekat Hassan sekitar pukul 19.00 Wita dan langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan...
Dok. Kemenparekraf

Kemenparekraf Lanjutkan Sosialisasi Sadar Wisata di Kabupaten Simalungun dan Toba

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 Juni 2022, 23:29 WIB
Sosialisasi berlangsung serentak di Desa Sibaganding (Kab.Simalungun), Desa Lumban Silintong (Kab.Toba), Desa Siboruon (Kab.Toba) dan Desa...
dok.ist

Dukung Program Kementan, Bupati Tala Genjot Regenerasi Petani

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 Juni 2022, 21:40 WIB
SUMBER daya manusia (SDM di sektor pertanian Indonesia didominasi oleh petani senior, berkisar 71%, usianya lebih 45 tahun, sementara yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya