Kamis 14 Oktober 2021, 11:36 WIB

Ribuan Penerima Bansos di Temanggung Mengundurkan Diri

Tosiani | Nusantara
Ribuan Penerima Bansos di Temanggung Mengundurkan Diri

MI/Tosiani
Kantor Pemkab Temanggung, Jawa Tengah

 

SEDIKITNYA 2.221 penerima bantuan sosial (bansos) dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Temanggung, Jawa Tengah tergraduasi pada penerimaan semester tiga tahun ini. Mereka terdiri dari 1.232 graduasi sejahtera mandiri dan 989 graduasi lainnya.

Graduasi PKH bermakna, mereka mundur secara suka rela dari kepesertaan PKH, karena merasa sudah lebih sejahtera.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Temanggung Prasojo mengklaim graduasi tersebut lantaran keberhasilan program pemerintah untuk pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan.

Mulanya, karena pandemi Covid-19 dikhawatirkan akan ada lonjakan kemiskinan dan penambahan jumlah penerima bantuan sosial ini. Sebab, pendapatan keluarga berkurang sebagai dampak penurunan laju ekonomi.

"Akan tetapi, berbagai program pemerintah dalam mengatasi Covid-19, mendisiplinkan warga dalam penerapan protokol kesehatan, telah mampu mendongkrak perekonomian dan peningkatan kesejahteraan," katanya.

Disebutkan, berdasarkan 'final closing' tahap 4 Tahun 2021 jumlah penerima PKH di Kabupaten Temanggung sebanyak 37.436 KPM. Terkait penyaluran bansos PKH tahap ketiga, para  pendamping PKH dipastikan akan mengawal proses pencairan. (OL-13)

Baca Juga: KLHK Gagalkan Aksi Peredaran Kayu Ilegal di Sulawesi

Baca Juga

MUI/Depi Gunawan

Awas, Jalur Wisata Lembang Rawan Longsor

👤Depi Gunawan 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 23:37 WIB
BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat, Jawa Barat mengeluarkan peringatan bahaya cuaca ekstrem di kawasan Lembang,...
MI/Dwi Apriani

Pemkot Palembang Optimistis Capai 100 Persen Vaksinasi Pada Akhir Tahun

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 23:31 WIB
WAKIL Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Rabu (27/10) meninjau vaksinasi yang digagas Pramuka Palembang berkerja sama dengan Pemkot...
MI/Dwi Apriani

Pemkab Muba Minta Tambahan Kuota Gas Elpiji 3 Kg

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 23:06 WIB
Pemkab Muba telah surati Pertamina dan Dinas ESDM Provinsi Sumatera Selatan untuk memberitakan tambahan kuota gas LPG 3 kg melalui Dinas...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya