Sabtu 09 Oktober 2021, 13:26 WIB

Jokowi Resmikan Bantuan untuk PKL dan Pemilik Warung di Yogyakarta

M. Ilham Ramadhan Avisena | Nusantara
Jokowi Resmikan Bantuan untuk PKL dan Pemilik Warung di Yogyakarta

Antara
Presiden Jokowi menyapa warga saat mengunjungi kawasan Malioboro, Yogyakarta.

 

PRESIDEN Joko Widodo didampingi Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubowono X menyalurkan bantuan tunai untuk pedagang kaki lima dan warung (BT-PKLW) kepada penerima di kawasan Malioboro, Yogyakarta.

Jokowi, sapaan akrabnya, juga melakukan dialog dengan pedagang penerima bantuan. Kepala Negara berharap agar program BT-PKLW bermanfaat bagi PKL dan pemilik warung untuk kembali bangkit di masa pandemi covid-19.

"Pada kesempatan ini, saya resmikan pemberian bantuan tunai untuk 1 juta pedagang kaki lima dan warung kecil di seluruh Indonesia. Diberikan bantuan Rp1,2 juta per orang dan dimulai pertama kali di kawasan Malioboro," ujar Presiden dalam keterangan resmi, Sabtu (9/10).

Baca juga: Mensos Jelaskan Alasan Hentikan Bantuan Sosial Tunai Covid-19

Secara bersamaan, dilakukan pula penyaluran bantuan di 141 kabupaten/kota, yang dilakukan oleh TNI-POLRI. Adapun penyaluran bantuan melalui polres dan kodim yang dilakukan oleh babinsa dan babinkamtibmas. Petugas menggunakan sistem aplikasi yang disiapkan TNI-Polri guna menjaga akuntabilitas dan tata kelola.

Menko Airlangga menyampaikan bahwa saat ini mesin pertumbuhan ekonomi sudah mulai membaik. Kondisi itu seiring dengan pandemi covid-19 yang semakin terkendali. Serta, didukung meningkatnya jumlah masyarakat yang divaksin covid-19.

Kepercayaan diri masyarakat untuk beraktivitas pun mulai meningkat. Sehingga, berdampak baik untuk ekonomi masyarakat, termasuk sektor pariwisata. "Yogyakarta masih berada pada level 3. Secara riil, Yogyakarta ada pada level 2, namun karena ada salah satu kabupaten yang berada pada level 3, kita akan melihat satu minggu ke depan," papar Airlangga.

Baca juga: KPPPA Berikan Bantuan Bagi Anak yang Terdampak Covid-19

Keberpihakan Pemerintah terhadap keberlangsungan usaha masyarakat diwujudkan dengan berbagai program yang menjadi bagian Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Salah satu yang ditujukan untuk masyarakat kecil adalah BT-PKLW. Program ini bertujuan meringankan beban masyarakat yang menjalankan usaha mikro, terutama PKL dan warung.

Selain meringankan beban PKL dan pemilik warung yang terkena dampak PPKM, program BT-PKLW juga mendorong pelaku usaha untuk segera bangkit. Penerima BT-PKLW adalah pelaku usaha yang belum mendapatkanBanpres Produktif Usaha Mikro (BPUM). Adapun bantuan yang diberikan sebesar Rp1,2 juta dan menyasar terhadap 1 juta PKL berikut pemilik warung.(OL-11)
 

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fransisco Carolio

Menteri PUPR Minta Perbaikan Tol Trans Sumatera Tuntas Akhir April

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 12:40 WIB
Beberapa segmen jalan harus dilakukan rekondisi dan rekonstruksi, termasuk levelling oprit jembatan yang mengalami penurunan karena berada...
ANTARA FOTO/Umarul Faruq

BMKG: Sulut Diguncang Gempa dengan Magnitudo 6,1

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 10:15 WIB
Dalam informasi yang diterima dari BMKG di Jakarta, Sabtu, lokasi gempa berada di 3.67 lintang utara dan 126.82 bujur...
DOK Pribadi.

Wapres PNLG Tunjukkan Pengelolaan Kawasan Pesisir Jelang Pertemuan Oktober

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 08:58 WIB
Sejumlah keberhasilan itu tampak pada program pembangunan rumah untuk keluarga nelayan di daerah itu, termasuk bantuan perahu hingga jaring...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya