Minggu 03 Oktober 2021, 22:54 WIB

Wafatnya Mantan Bupati Diduga Jadi Pemicu Kericuhan di Yahukimo

Hilda Julaika | Nusantara
Wafatnya Mantan Bupati Diduga Jadi Pemicu Kericuhan di Yahukimo

DPW PAN Papua
Abock Busup

 

KASAT Reskrim Polres Yahukimo Ipda Rony Samory membenarkan adanya kericuhan di Yahukimo. Kericuhan berupa penyerangan terhadap Masyarakat yang sedang beribadah di Gereja GIDI, Dekai, Kabupaten Yahukimo oleh masyarakat suku Kimiyal hingha pembakaran rumah masyarakat dan juga hotel.

Pihaknya mengatakan aksi kericuhan ini diduga kuat lantaran kejadian meninggalnya mantan Bupati Abock Busup di Jakarta. "Diduga kuat penyebab masyarakat Kimiyal melakukan penyerangan dikarenakan kejadian meninggalnya mantan bupati Alm. Abock Busup di Jakarta," kata Rony dalam keterangan resminya, Minggu (3/10).

Lebih lanjut dijelaskan kronologi kejadiannya, pada Minggu (3/10) sekitar pukul 12.10 WIT , telah terjadi penyerangan terhadap masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah minggu di dalam Gereja Gidi, Dekai Kabupayen Yahukimo.

Penyerangan tersebut dilakukan oleh sekelompok masyarakat dari suku Kimyal. Masyrakat Kimyal melakukan penyerangan tersebut dengan menggunakan alat tradisional berupa panah dan parang serta alat tajam lainnya. Di mana pada saat itu masyarakat sedang beribadah di dalam gereja GIDI dan kemudian langsung di serang oleh selempok orang kimiyal tersebut.

"Dan juga pada aksi tersebut sekelompok masyarakat kimiyal juga membakar rumah warga dan juga hotel Nuri II milik saudara Ones Pahabol dan kompleks perumahan bambu dua dekai Kabupaten Yahukimo," imbuhnya.

Hingga saat ini, anggota kepolisian setempat masih terus siaga dan melakukan patroli di seputaran Kota Dekai. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA/Muhammad Sidkin Ali

BNPB Kirimkan Tim Reaksi Cepat dan Logistik untuk Penanganan Erupsi Gunung Semeru

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 05 Desember 2021, 05:28 WIB
Kepala BNPB akan menuju ke Kabupaten Lumajang untuk memastikan penanganan darurat bencana secara cepat dan tepat, khususnya evakuasi dan...
Antara/STR

Kemenkes : Sebagian Korban Erupsi Gunung Semeru Alami Luka Bakar 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 23:45 WIB
"Korban dari lapangan terpantau bahwa sebagian adalah luka bakar," kata Eka Jusuf...
AFP/STR

112 Gardu Listrik Terdampak Erupsi Gunung Semeru 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 23:30 WIB
"Kami telah memulihkan dan menyalakan kembali 30 gardu terdampak. Alhasil sudah ada 7.508 pelanggan terdampak telah mendapatkan suplai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya