Minggu 26 September 2021, 10:20 WIB

Warga Takut Vaksinasi, Bidan Desa di Lembata Datangi Kebun-Kebun

Mediaindonesia.com | Nusantara
Warga Takut Vaksinasi, Bidan Desa di Lembata Datangi Kebun-Kebun

Antara/Kornelis Kaha.
Seorang ibu menerima vaksinasi covid-19 dosis pertama di kantor Ditlantas Polda NTT, Kota Kupang, Kamis (17/9).

 

PELAKSANAAN vaksinasi bagi warga di posko kesehatan Koliwolor, Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (25/9), diwarnai upaya pengerahan warga dari kebun ke kebun. Warga enggan mengikuti vaksinasi karena termakan hoaks. 

Warga penyintas badai Seroja di Lembata itu mengaku takut efek dari vaksin Astrazeneca yang diisukan akan berdampak buruk bagi tubuh. Akibatnya, meski vaksinasi diumumkan dibuka sejak pagi, hingga siang hari, hanya beberapa warga penyintas yang hadir.

Bidan desa pun dikerahkan untuk mengajak warga dari kebun ke kebun untuk divaksinasi di posko kesehatan, Koliwolor. Yosep Bato, staf yang bekerja di Puskesmas Waipukang, Sabtu (25/9), mengatakan, pihaknya menyediakan 50 vial vaksin Astrazeneca dengan sasaran 50 orang.

"Banyak orang takut divaksinasi. Kebanyakan karena hoaks. Sampai dengan pukul 12.00, baru 20-an warga yang hadir. Kami meminta bidan desa untuk mengerahkan warga dari kebun ke kebun untuk mendapatkan vaksinasi," ujar Yosep Bato.

Hasilnya, 50 vial vaksin Astrazeneca dapat disuntikan kepada 50 sasaran, meski berlangsung hingga petang hari. Kristina Surat Beda, petugas vaksinasi di posko penyintas, menjelaskan, 50 sasaran penerima vaksin, tidak mengalami gejala setelah menjalani observasi selama 30 menit.

Baca juga: Wali Kota Pontianak Kebut Infrastruktur

"Ini vaksinasi pertama di posko Kesehatan Koliwolor. Semua yang terima vaksin tadi tidak mengeluhkan gejala. Nanti untuk dosis kedua juga dilakukan di sini. Posko ini khusus dibangun pemerintah untuk melayani kesehatan para penyintas badai Seroja yang sampai saat ini masih mengungsi ke kebun," ujar Kristina. (OL-14)

Baca Juga

MI/VICKY GUSTIAWAN

Lhoksumawe Kebut Vaksinasi Siswa 

👤Slamet Abdullah/Muklis Efendi 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 15:35 WIB
Kepala Bidang Tata Usaha Dinas Pendidikan Aceh Cabang Lhoksumawe, Jamaludin, mengatakan sudah hampir 4.000 siswa di Kota Lhoksumawe telah...
MI/Andri Widiyanto

Luhut Sebut Perpres 87/2021 Percepat Investasi di Jawa Barat

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 15:16 WIB
Sebab, perpres tersebut menginstruksikan seluruh jajaran untuk mendukung pembangunan di kawasan industri Rebana dan wilayah Jawa Barat...
DOK/POLRESTA PALANGKA RAYA

Cegah Pelanggaran Prokes, Polsek Pahandut Awasi Acara Pernikahan

👤Surya Sriyanti 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 15:10 WIB
  Pengawasan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran protokol...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya