Jumat 10 September 2021, 14:55 WIB

Temanggung Buka Pendaftaran Bantuan Modal Usaha Gelombang 4

Tosiani | Nusantara
Temanggung Buka Pendaftaran Bantuan Modal Usaha Gelombang 4

Antara
Usaha kecil dapat mengajukan BPUM.

 

DINAS Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah membuka pendaftaran pengajuan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Gelombang 4 Tahun 2021. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi pengusaha kecil yang terdampak pandemi covid-19.

Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinkopdag Temanggung, Rahmaningrum Widi Apsari, menjelaskan, pengusaha yang mengajukan BPUM harus memenuhi sejumlah persyaratan. Diantaranta Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki e-KTP.

Syarat lainnya, memiliki usaha yang dibuktikan dengan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang dikeluarkan oleh lembaga OSS atau Dinas Penanaman Modal (DPM) Kabupaten Temanggung. Serta Surat Keterangan Usaha (SKU) yang dikeluarkan desa/kelurahan setempat.

"Pendaftaran dilakukan dengan mengisi form melalui http://bit.ly/pendaftaranbpumtemanggung dengan menyiapkan eKTP, KK, NIB, dan SKU. Batas waktu pendaftaran online sampai dengan 12 September 2021 Pukul 23.59 WIB," katanya.

Pendaftar juga diharuskan untuk mengumpulkan berkas berupa fotokopi e-KTP, KK, NIB, SKU dan foto usaha/produk ke kantor Dinkopdag Temanggung. Pengumpulan berkas dapat dilakukan secara individu atau dikoordinir oleh kelompok, baik melalui KUB, desa/kelurahan dan atau unit usaha yang mengelola pelaku usaha mikro.

Menurut dia, untuk pembuatan NIB bisa dilakukan dengan datang langsung ke DPM Kabupaten Temanggung dengan membawa eKTP dan memiliki email yang masih aktif atau bisa dilakukan mandiri secara online. Penerima juga sedang tidak menerima pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan bukan ASN, TNI/Polri atau pegawai BUMN/BUMD.

"Data dan persyaratan terkumpul akan diusulkan ke Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah yang akan diteruskan ke Kementerian Koperasi dan UKM untuk kemudian dilakukan verifikasi data, setelah data lolos tahap verifikasi akan diterbitkan SK penerima BPUM dari Kementerian Koperasi dan UKM, yang akan diteruskan ke BRI pusat untuk selanjutnya diteruskan ke BRI yang ada di wilayah," pungkas Rahmaningrum. (TS/OL-10)

Baca Juga

AFP/Agung S

Gunung Merapi: 3 Kali Awan Panas dan 40 Kali Guguran Lava Pijar

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 07 Desember 2021, 06:55 WIB
DALAM tempo 12 jam dari pukul 18.00 WIB hari Senin (6/12) hingga pukul 06.00 WIB hari Selasa (7/12) terjadi 3 kali awan panas dan 40...
ANTARA/Seno

Pasien Luka Bakar Erupsi Gunung Semeru Perlu Ditangani Dokter Khusus

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 Desember 2021, 05:15 WIB
"Luka bakar serius seperti luka bakar derajat tiga dengan area luka yang luas, membutuhkan rawat inap di rumah sakit dan kadang dokter...
AFP/Juni Kriswanto

Korban Tewas Erupsi Gunung Semeru Bertambah Jadi 22 Orang

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 Desember 2021, 04:45 WIB
"Rincian korban meninggal dunia teridentifikasi 14 orang di Kecamatan Pronojiwo, sedangkan delapan orang di Kecamatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya