Selasa 07 September 2021, 21:55 WIB

Musim Hujan Di Cirebon Diperkirakan Datang Lebih Awal

Nurul Hidayah | Nusantara
Musim Hujan Di Cirebon Diperkirakan Datang Lebih Awal

ANTARA
Ilustrasi

 

MUSIM penghujan di wilayah Cirebon, Jawa Barat diperkirakan datang lebih awal. Ahmad Faa Izyn, pengamat cuaca pada BMKG Stasiun Jatiwangi menjelaskan awal musim hujan di sebagian besar wilayah Cirebon, yang terdiri dari Kota dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka dan kabupaten Kuningan, diprakirakan maju satu hingga tiga dasarian.

"Namun ada pula daerah yang awal musim hujannya normal atau tetap seperti biasa. Tergantung daerahnya," kata Faiz, Selasa (7/9).

Daerah yang awal musim hujan diprakirakan maju yaitu Cirebon, Majalengka dan Kuningan. Sedangkan daerah yang awal musim hujannya diperkirakan sama hingga maju satu hingga tiga dasarian yaitu Kabupaten Indramayu.

Untuk Cirebon, awal musim hujan diprakirakan maju satu hingga dua dasarian dibandingkan rata-rata. Ini berarti awal musim hujan di sejumlah kecamatan di Cirebon akan dimulai Oktober dasarian II (21-30 Oktober). Ada pula yang baru mulai musim hujan pada November dasarian I (1-10 November).

"Untuk Kabupaten Majalengka, prakiraan awal musim hujan akan maju dua dasarian," ujar Faiz.

Karenanya musim hujan di sejumlah kecamatan akan dimulai pada Oktober dasarian I. namun ada pula beberapa kecamatan yang memulai musim hujan pada Oktober dasarian II dan Oktoberdasarian III.

Sedangkan untuk Kabupaten Kuningan, awal musim hujan maju dua sampai tiga dasarian. Untuk itu sejumlah kecamatan akan memasuki musim hujan pada Oktober dasarian I meskipun adapula yang memasuki musim hujan pada Oktober dasarian II dan Oktober dasarian III.

Sementara untuk Kabupaten Indramayu, prakiraan awal musim hujannya sama hingga maju satu sampai tiga dasarian. Karenanya, ada beberapa kecamatan yang akan memulai musim hujan pada Oktober dasarian III. Selain itu, sebagian besar kecamatan lainnya baru akan memasuki musim hujan pada November dasarian I dan November dasarian II. (OL-15)

 

Baca Juga

ANTARA

Kota Semarang Izinkan Tempat Hiburan dan Wisata Buka Saat Nataru

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:10 WIB
PEMERINTAH Kota Semarang, Jawa Tengah mengizinkan seluruh tempat hiburan dan obyek wisata buka saat liburan Natal dan Tahun Baru...
MI/Gabriel Langga

Sikka Jadi Model Closed Loop Hortikultura di NTT

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:03 WIB
MELALUI anak-anak muda yang terlibat di bidang pertanian, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian ingin menjadi Kabupaten Sikka sebagai...
MI/BAYU ANGGORO

Di Era Robotisasi, ASN Harus Punya Kompetensi Standar Teknis

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 02 Desember 2021, 22:55 WIB
Nantinya, bukan tidak mungkin banyak jabatan ASN yang akan dilebur karena pekerjaannya diganti dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya