Senin 06 September 2021, 16:05 WIB

Kota Cirebon Gelar Belajar Tatap Muka Terbatas Hari Ini

Nurul Hidayah | Nusantara
Kota Cirebon Gelar Belajar Tatap Muka Terbatas Hari Ini

Antara/Fauzan.
Ilustrasi.

 

PEMBELAJARAN tatap muka (PTM) terbatas mulai digelar hari ini di Kota Cirebon, Jawa Barat. Terdapat sejumlah perbaikan yang harus dilakukan usai evaluasi PTM hari pertama.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon untuk jenjang SMP sebanyak 33 sekolah terdiri dari 17 swasta dan 16 negeri yang hari ini memulai PTM terbatas. Sedangkan untuk jenjang SD sebanyak 18 swasta dan 48 negeri yang hari ini mengikuti PTM terbatas. 

Angka itu mewakili sekitar 65,70% sekolah tingkat SD dan SMP yang hari ini melakukan PTM terbatas. Sisanya direncanakan melakukan PTM terbatas pada 7 September 2021.

Pengelola sekolah di Kota Cirebon menerapkan blended learning atau menggabungkan PTM terbatas dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi, menjelaskan berdasarkan monitoring yang dilakukan di sejumlah sekolah di hari pertama, ada sejumlah catatan yang harus diperbaiki. Salah satunya ditemukan di SMP Negeri 1 Kota Cirebon. 

Pihak sekolah, lanjut Agus, memang sudah menerapkan aturan PTM sesuai protokol kesehatan (prokes), yaitu 50% dari kapasitas kelas. "Tapi keliatannya agak penuh," ujar Agus, Senin (6/9). Untuk itu perlu dicarikan jalan keluar agar kelas tidak terlalu penuh.

Selain itu, letak SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Kota Cirebon yang saling berhadapan. Karenanya perlu diatur sehingga saat datang dan pulang sekolah tidak terjadi gerombolan.

Saat ini Kota Cirebon menerapkan PPKM level 3 dan mengambil kebijakan memperbolehkan PTM di sekolah-sekolah. "Kami berharap dibukanya kembali PTM, kualitas belajar akan semakin bagus," ujar Agus. 

Namun Pemkot Cirebon juga senantiasa waspada karena diperbolehkannya PTM menimbulkan mobilitas manusia yang cukup tinggi. "Pergerakan lalu lintas tinggi, pergerakan manusianya serta pergerakan ekonomi," ujar Agus.(OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Dinsos Sulsel Juga Bantah Tudingan Mensos terkait ASN Terima Bansos

👤Lina Herlina 🕔Selasa 30 November 2021, 15:42 WIB
Namun setelah dilakukan validasi ke lokasi, mereka tidak pernah mendapatkan bansos dari Kemensos...
MI/DJOKO SARDJONO

Polres Klaten Berikan Bantuan Pembangunan Masjid Al Huda Juwiring

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 30 November 2021, 15:25 WIB
Polres Klaten membantu pembangunan masjid dengan menyumbangkan...
DOK/PEMKOT MALANG

Kota Malang Tuntaskan Vaksinasi

👤Bagus Suryo 🕔Selasa 30 November 2021, 15:25 WIB
Cakupan vaksinasi di Kota Malang sudah mencapai 98% dari total target sebanyak 856 ribu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya