Minggu 22 Agustus 2021, 15:25 WIB

Udang Kecil Stabilkan Ekonomi Nelayan Lere 

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Udang Kecil Stabilkan Ekonomi Nelayan Lere 

MI/M Taufan SP Bustan
Seorang perempuan menjemur udang kecil di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (22/8).

 

HARGA jual udang kecil di Palu, Sulawesi Tengah, mengalami penaikan. Ini terjadi sejak pandemi Covid-19. 

Salah satu nelayan, Hamrin Mado mengatakan, harga jual udang kecil di tingkat nelayan saat ini berkisar Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per kilo gram tergantung tingkat kekeringannya. 

"Paling mahal itu Rp60 per kilo gram kalau udang kecilnya kering sekali," terangnya saat ditemui Media Indonesia di Teluk Palu, Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat, Minggu (22/8). 

Menurut Hamrin, penaikan harga jual udang kecil sudah terjadi sejak awal tahun lalu atau tepatnya saat pandemi Covid-19 mulai masuk ke Palu.  "Jadi, cuma harga udang kecil ini yang bertahan mahal selama pandemi. Kalau hasil laut lainnya itu seperti ikan bisa bermain harganya, kalau udang ini mahal terus," imbuhnya.  

Nelayan lainnya, Marzuki Dani menambahkan, meski pandemi masih berlangsung, namun tidak berdampak signifikan kepada aktivitas nelayan di Kelurahan Lere. "Tidak ada pengaruhnya lah, kan kami tetap melaut juga," ungkapnya.  

Marzuki mengaku, masih tingginya harga jual udang kecil di pasaran membuat ekonomi nelayan masih stabil. "Apalagi sekarang masih musim udang kecil. Kami berharap harga terus membaik," tandasnya. (TB/OL-10)

Baca Juga

Ist/Pemprov Jateng

Ganjar Lantik Pengurus Kagama Wilayah Sumatra Utara

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 10:27 WIB
Ganjar Pranowo melantik Pengurus Cabang Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) di Wilayah Sumatera Utara masa bakti 2022-2027. Ganjar minta,...
MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE

Distribusi Gas Melon di Kalsel tidak Tepat Sasaran

👤Denny Susanto 🕔Minggu 25 September 2022, 10:24 WIB
Selain kelompok UMKM, kelompok masyarakat menengah dan mampu serta industri kecil ditengarai ikut menikmati gas besubsidi...
MI/HO

Sahabat Ganjar Kembali Gelar Istighosah di Palembang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 06:20 WIB
Kegiatan kali ini merupakan lanjutan dari seluruh rangkaian istighosah, sholawat akbar, dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo pada 2024...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya