Jumat 30 Juli 2021, 21:20 WIB

Anmum Rayakan Pekan ASI Sedunia 2021

Media Indonesia | Nusantara
Anmum Rayakan Pekan ASI Sedunia 2021

DOK/ANMUM
Proses menyusui merupakan fase penting bagi ibu dan anak

 

PROSES menyusui merupakan momen penting dalam perjalanan menjadi seorang ibu. Asupan nutrisi, kesiapan fisik maupun mental menjadi unsur penting yang harus diperhatikan.

Untuk itu, Anmum mengadakan seri edukasi digital ‘7 Hari Anmum Jadi Yakin Live’ yang bertujuan untuk memberikan dukungan kepada ibu menyusui agar dapat tetap tenang dan yakin bersama Anmum, sekaligus merayakan Pekan ASI Sedunia 2021.

Acara ‘7 Hari Anmum Jadi Yakin Live’ diadakan selama 7 hari berturut-turut mulai 1–7 Agustus 2021 dengan 7 topik terkini seputar ibu menyusui. Kegiatan itu disiarkan melalui IG Live di akun Instagram @Anmum_Indonesia.

Rangkaian program ini menghadirkan para pakar mulai dari dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dokter spesialis gizi, bidan, psikolog, figur publik, hingga ibu menyusui yang akan berbagi ilmu dan tips menyusui terkini.

Riszha Gandjar, Marketing Manager Anmum, PT Fonterra Brands Indonesia, mengatakan, Anmum memahami segala kecemasan dan tantangan yang dihadapi para ibu selama masa menyusui. "Oleh karena itu kami ingin mendampingi para ibu melalui seri edukasi digital ‘7 Hari Anmum Jadi Yakin Live’."

Pihaknya memilih edukasi digital IG Live ini untuk menjangkau para ibu dimana pun berada untuk mendapatkan informasi yang ringkas dan lengkap. Konsep acara ini ialah talkshow ringan dan mudah diterima.

"Harapan kami melalui 7 topik seputar menyusui yang dibawakan selama 7 hari ini, para ibu semakin termotivasi untuk menjalani momen menyusui ini dengan tenang dan yakin di situasi apapun dan merayakannya sebagai sebuah perjalanan istimewa dalam membentuk ikatan kasih sayang yang kuat antara ibu dan anak,” lanjutnya

Riszha Gandjar menambahkan, dalam mendampingi para ibu melewati fase-fase penting, Anmum juga  membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan yang dibutuhkan ibu termasuk selama masa menyusui. "Kombinasi kandungan NUELIPID yang mengandung gangliosida & DHA, kalsium, zatbesi, vit B1, vit B2, omega 3 dan omega 6 serta protein mampu mendukung kesehatan ibu untuk memproduksi ASI berkualitas.”

Dokter Zidnie Prissilla Primawati, Sp.A, dokter spesialis anak di RSIA Sam Marie Basra & RSUD Budhi Asih, menjelaskan, dalam proses menyusui, dibutuhkan kesiapan fisik dan mental dari sang ibu mulai dari usia awal kehamilan demi kelancaran proses produksi dan pemberian ASI. "Dari sisi fisik perlu diperhatikan kondisi payudara dan puting yang harusselalu dijaga kebersihan dan kelembabannya. Jika payudara membengkak namun tidak optimal dalam mengeluarkan ASI, aplikasikan teknik pijat laktasi untuk membuat rileks dan membantu mengeluarkan ASI yang tersumbat."

Asupan nutrisi, lanjutnya, juga menjadi satu faktor penting yang harus menjadi prioritas sang ibu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, karena menyusui adalah proses yang panjang dan dapat menguras tenaga.

“Faktor kesiapan mental juga tidak kalah pentingnya, terlebih di masa pandemi ini dapat menambah kekhawatiran hingga stress dan berisiko menghambat produksi ASI. Cobalah untuk komunikasi dengan pasangan, dapatkan dukungan dari keluarga, gali inspirasi dari sesama ibu menyusui, serta lengkapi informasi yang komprehensif seputar menyusui," lanjutnya.

Meskipun saat ini tidak dapat memperoleh informasi dari fasilitas kesehatan secara leluasa, tambahnya, ibu tetap dapat mengakses beragam edukasi digital selama divalidasi oleh pakar terpercaya. Semua faktor ini akan membantu kondisi psikologis ibu dan meningkatkan hormon oksitosin yang berperan dalam melancarkan aliran ASI.


Sabai Dieter, figur publik dan ibu dengan dua anak, mengungkapkan bagi sejumlah ibu dan dari pengalaman pribadi, menyusui tidak semudah yang dibayangkan. Setiap ibu punya kisah perjuangan menyusui masing-masing karena memahami bahwa ASI adalah hak anak.

"Saya percaya bahwa seorang ibu harus mengutamakan asupan nutrisi yang salah satunya dapat dipenuhi dengan konsumsi susu berkualitas dan harus tetap konsisten dalam mencari informasi dari sumber yang terpercaya seperti yang disampaikan di ‘7 Hari Anmum Jadi Yakin Live’ ini. Kombinasi keduanya dan dukungan orang-orang terdekat sangat berharga dalam menjadikan proses menyusui sebagai momen terindah dalam perjalanan seorang ibu," tandasnya.

Adapun ‘7 Hari Anmum Jadi Yakin Live dapat disimak melalui IG @anmum_indonesia mulai 1-7 Agustus 2021 (18.30 – 19.30)    


Minggu, 1 Agustus 2021    Persiapan Menyusui Si Kecil    
Host – Putri Permata, narasumber dr Upik Anggraheni Prayogo, Sp.OG

Senin, 2 Agustus 2021    Tetap Menyusui Di Masa Pandemi    
Host – Skolastika Sylvia, narasumber dr ZidniePrissillaPrimawati, Sp.A,
Sabai Dieter, Riszha Gandjar–Anmum Indonesia.

Selasa, 3 Agustus 2021    Tantangan Menyusui Ibu Baru. Siapa Takut?    
Host - Putri Permata, narasumber Bidan Lia Widyaningrum

Rabu, 4 Agustus 2021 Nutrisi Tepat Dukung Kualitas ASI    
Host Skolastika Sylvia, narasumber dr Dian Permatasari, Sp.GK

Kamis, 5 Agustus 2021    Pentingnya Dukungan Orang Tercinta Di Masa Menyusui
Host Putri Permata, narasumber Mario Manuhutu, M Psi, Psikolog, Ringgo Agus Rahman, Riszha Gandjar-AnmumIndonesia

Jumat, 6 Agustus 2021    Mitos dan Fakta Seputar Menyusui    
Host-Skolastika Sylvia, narasumber Dr Fita Maulina, Sp.OG, Riszha Gandjar-Anmum Indonesia

Sabtu, 7 Agustus 2021    Tips Mengasihi Untuk Working Mum    
Host Putri Permata, narsumber Farraas Afiefah M.Sc., M.Psi, Riszha Gandjar-Anmum Indonesia. (N-2)

 

Baca Juga

Ist

Berbagi Ribuan Al-Qur'an di Wilayah Terpencil Sulawesi Selatan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:32 WIB
Di TPQ Nurul Yaqin, Desa Lampenai, Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, ketika menerima bantuan Al-Qur'an,...
DOK MI

Pesta Miras Oplosn di Sleman Renggut Tiga Nyawa

👤Widhoroso 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:08 WIB
TIGA orang meninggal dunia setelah mengonsumsi minuman keras oplosan di Dusun Karongan, Kelurahan Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten...
DOK RMU.

RMU Kelola Katingan Mentaya Project untuk Turunkan Emisi Karbon

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:40 WIB
KMP merupakan kegiatan konservasi terbesar di dunia ditinjau dari segi penurunan emisi karbonnya sebesar 7,5 juta ton CO2 per tahun selama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya