Jumat 30 Juli 2021, 10:19 WIB

Ganjar Ajak Mahasiswa Turun ke Lapangan Jadi Relawan Covid

mediaindonesia.com | Nusantara
Ganjar Ajak Mahasiswa Turun ke Lapangan Jadi Relawan Covid

ANTARA
Mahasiswa dan pengajar Akademi Teknologi Bank Darah (Akbara) menyiapkan menu makan di dapur umum kampus, Solo, Jawa Tengah, Rabu (21/7).

 

MARAKNYA ajakan demonstrasi di tengah pandemi ini jadi perhatian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ia khawatir, ajakan demo dari pihak tak bertanggung jawab itu hanya akan mencerai-berai bangsa dan membuat kisruh masyarakat. 

Belum lagi, kerumunan yang ditimbulkan berpotensi meningkatkan kasus terpapar Covid-19. Ganjar pun menawarkan solusi menarik yang lebih nyata untuk membantu masyarakat yang terdampak selama pandemi ini.

Melalui video di akun media sosialnya yang berjudul 'Ruang Ganjar: Pandemi Kok Ngajak Demo', Ganjar mengajak para mahasiswa terjun ke lapangan menjadi relawan Covid-19. "Bagi temen-temen mahasiswa, program studi apa saja, inilah saatnya anda bantu rakyat. Jadikan pandemi ini sebagai laboratorium keilmuanmu," ucap Ganjar.

Baca Juga: Perwakilan Mahasiswa Jateng Berembug dengan Ganjar Tangani Covid

Ajakan itu direspon positif oleh masyarakat. Di linimasa twitter, ramai menuliskan tagar #MahasiswaJateng. Tagar itu mulai naik Kamis (29/7/2021) sekitar pukul 14.00 WIB. Ada 5.237 twit yang terekam di halaman trending topic twitter hingga pukul 15.24 WIB. 

Beragam cuitan mengisi tagar tersebut. Netizen mengapresiasi seruan Ganjar pada video yang diposting di channel youtube, instagram, dan Facebook pribadinya itu.

Mulai dari hal ringan
Menurut Ganjar, cara membantu masyarakat tidaklah sulit. Mahasiswa bisa memulainya dari hal yang ringan seperti mengambil peran untuk saling mengingatkan masyarakat agar taat protokol kesehatan, eling lan ngelingke.

Selain itu, bagi mahasiswa yang pandai bermain gawai, dapat pula memanfaatkan keahliannya membantu pemasaran UMKM yang kini sedang terpuruk. 

Baca Juga: KRI dr Soeharso Sandar di Semarang Sediakan Oksigen untuk RS di Jawa Tengah

"Atau kalo mau rekoso sitik, bisa seperti yang dilakukan pemuda Rembang yang nyebut dirinya sebagai Covid Ranger. Mereka ini jualan kaos, kemudian hasilnya untuk beli kebutuhan pasien covid yang isoman," terangnya.

Ganjar menegaskan pentingnya keterlibatan semua elemen masyarakat untuk menangani Covid-19. Pandemi ini hanya bisa dikalahkan dengan kebersamaan antara pemimpin dan rakyatnya. 

"Kalo kita bisa sak iyeg sak eko proyo, bersama sama dalam menanggulangi pageblug ini, saya yakin kita akan segera memenangi peperangan melawan corona ini," tegasnya. (RO/OL-10)

Baca Juga

humas.polri.go.id

Tebing Liku Endikat di Pagaralam Longsor

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 16:39 WIB
Tebing liku endikat di Kelurahan Atung Bungsu, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagaralam, Sumatra Selatan, mengalami longsor setinggi 15...
MI/Rendy Ferdiansyah

Sukseskan PON XX. PT.Timah Tbk Sumbang Rp1,4 Miliar ke KONI Babel

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Jumat 17 September 2021, 16:16 WIB
PT. Timah Tbk sumbangkan dana sebesar Rp1,4. miliar ke KONI Babel untuk menyukseskan kontingen Babel di PON XX,...
Dok. Humas Polda Papua

KNKT Mulai Investigasi Jatuhnya Pesawat Rimbun Air

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 17 September 2021, 14:36 WIB
Tim investigator KNKT juga akan mendalami sebuah alat pemancar sinyal yang ditemukan dari tubuh pesawat, black box, serta buku...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Siap Bawa Pulang Piala Sudirman

 Terdapat empat pemain muda yang diharapkan mampu membuat kejutan di Finlandia.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya