Jumat 23 Juli 2021, 07:45 WIB

Kejati Tambah Tiga Tersangka Kasus Korupsi Bank Jogja

Agus Utantoro | Nusantara
Kejati Tambah Tiga Tersangka Kasus Korupsi Bank Jogja

dok.website kejati DIY
Ilustrasi

 

KEJAKSAAN Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menetapkan tiga orang sebagai tersangka baru kasus dugaan korupsi di PD BPR Bank Jogja yang menyebabkan kerugian negara hingga Rp27 miliar.

Asisten Intelejen Kejati DIY Ardiansyah, mengatakan ketiga tersangka tersebut berasal dari internal bank. Yakni, AW (kepala kantor), EK (kasi kredit), dan LPA (marketing). Mereka adalah karyawan yang berkaitan langsung dengan pencairan kredit.

"Kami belum melakukan penahanan terhadap ketiganya," ujar Ardiansyah, saat Penyampaian Kinerja 2021 Kejati DIY di Yogyakarta, kemarin.

Sedangkan dua orang lainnya yang berasal dari luar bank, adalah KV dan FE. Keduanya, jelasnya sudah ditahan di Rutan Wirogunan Yogyakarta.

Lebih lanjut dikatakan, kasus ini berawal dari penandatanganan naskah kesepahaman (MoU) antara PD BPR Bank Jogja dengan perusahaan tempat KV dan FE bekerja pada 15 Agustus 2019 lalu. Dalam kesepakatan ini bank akan mengucurkan kredit untuk 168 karyawan yang dipimpin KV dengan besaran Rp100 hingga Rp200 juta setiap orang dengan cara pembayaran potong gaji.

Namun dalam perjalanannya ternyata 162 diantaranya macet. Setelah dilakukan pengusutan ternyata kredit tersebut fiktif.Para tersangka dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Khusus tersangka KV dikenakan pula dakwaan terkait dengan  Tindak Pidana Pencucian Uang. (OL-13)

Baca Juga: BNPB Kembali Distribusikan Masker di Tiga Titik di Jakarta

 

Baca Juga

MI/BAYU ANGGORO

Musyawarah Daerah Partai Demokrat Jawa Barat Diikuti Dua Kandidat Ketua

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 19 Januari 2022, 22:50 WIB
Pemilihan Ketua Partai Demokrat Jawa Barat sudah berlangsung, dengan petahana sebagai pengumpul suara...
Dok. Partai Demokrat

Persaingan Pemilihan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Memanas 

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 19 Januari 2022, 22:43 WIB
Michael juga membantah klaim Bayu Airlangga mendapatkan dukungan mayoritas DPC untuk bersaing dengan Emil. Sebab dari 38 DPC, 12 di...
Dok. Paguyuban Jawa tengah

Dorong Pemulihan Ekonomi di Jateng, Paguyuban Jawa Tengah Audiensi dengan Wakil Rakyat 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 19 Januari 2022, 22:37 WIB
Akibat pandemi, lanjut Leles, banyak UKM yang merugi hingga tutup usahanya, belum lagi angka pengangguran yang masih tinggi, untuk itu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya