Selasa 20 Juli 2021, 21:19 WIB

Pemkot Malang Perkuat Trauma Healing Covid-19 

Bagus Suryo | Nusantara
Pemkot Malang Perkuat Trauma Healing Covid-19 

Dok. Humas Kota Malang
Wali Kota Malang Sutiaji meninjau RS Lapangan untuk menampung pasien COvid-19 di Malang

 

WARGA terdampak pandemi covid-19 di Kota Malang, Jawa Timur menerima trauma healing untuk memulihkan psikologis selama pandemi covid-19. 

"Kami memberikan penguatan edukasi kepada masyarakat dan membantu pemulihan," tegas Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Husnul Muarif, Selasa (20/7). 

Selama ini, lanjutnya, petugas puskesmas sudah memberikan edukasi, pendampingan dan memotivasi warga di kelurahan-kelurahan. Bahkan, warga yang menjalani isolasi mandiri juga menerima proses penyembuhan psikologis dan mental. 

Sebab, warga yang positif covid-19 dan keluarganya, bahkan seusai dinyatakan negatif pun, perlu penyembuhan lanjutan. Mereka terkadang masih mengalami trauma yang mendalam akibat terpapar covid-19 yang tak mudah dilupakan begitu saja. 

Baca juga : Animo Masyarakat Tinggi, Banyumas Minta Tambahan Vaksin Covid-19

Karena itu, Pemkot Malang, Polresta Malang Kota dan Poltekkes Malang berkolaborasi membantu warga memulihkan stabilitas mental dan emosional masyarakat. 

"Kita merumuskan bersama proses kolaborasi trauma healing ini," tuturnya. 

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Malang Alie Mulyanto mengatakan penanggulangan pandemi covid-19 masuk penanganan bencana. "Selama ini, proses trauma healing sudah dilakukan Dinkes dalam rangka memberikan 
afirmasi," ujarnya. 

Alie menegaskan proses pemulihan kesehatan kejiwaan agar kuat secara mental dan emosional dengan memberikan penguatan. Tujuannya, warga tetap bersemangat dan berpikir positif. Selain itu, ada penguatan edukasi disiplin protokol kesehatan dan meningkatkan daya imun agar kekebalan tubuhnya meningkat.(OL-7)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Gerakan Vaksinasi Muhammadiyah Jadi Perekat Lintas Agama di Sikka

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 03 Agustus 2021, 08:02 WIB
KAMPUS IKIP Muhammadiyah Maumere merupakan kampus pertama di Nusa Tenggara Timur yang menggelar vaksinasi bagi para lintas agama yang ada...
Antara

Jumlah Kasus Covid-19 di Jawa Tengah Diklaim Menurun

👤Akhmad Safuan 🕔Selasa 03 Agustus 2021, 07:35 WIB
KASUS covid-19 di Jawa Tengah menurun dari 38,18 menjadi 31,15 persen, bed accupancy rate (BOR) hanya 70,42...
MI/Gabriel Langga

9 Fraksi Anggap Bupati Sikka Lecehkan DPRD

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 03 Agustus 2021, 07:21 WIB
DPRD Sikka merasa dilecehkan Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo karena Bupati tidak menindaklanjuti hasil rekomendasi DPRD soal bunga...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ini Adalah Pekerjaan Kita

POLDA Metro Jaya menggelar program Vaksinasi Merdeka dengan target seluruh warga DKI Jakarta sudah menerima vaksin covid-19 tahap pertama pada 17 Agustus 2021.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya