Kamis 08 Juli 2021, 10:11 WIB

Pinjam Duit Pedagang Bubur Bayar Denda Rp5 Juta PPKM Darurat

Adi Kristiadi | Nusantara
Pinjam Duit Pedagang Bubur Bayar Denda Rp5 Juta PPKM Darurat

MI/Adi Kristiadi
Pedagang bubur ayam, Salwa yang didenda Rp5 juta karena melanggar PPKM darurat di Tasikmalaya.

 

PEDAGANG bubur ayam di perempatan Gunung Sabeulah, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat akhirnya membayar denda sebesar Rp 5 juta. Dia didakwa melanggar pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.

Salwa, 28, pedagang bubur ayam tersebut mengatakan, dirinya telah membayar denda sebesar Rp5 juta ke Kejaksaan Negeri Tasikmalaya. Uang tersebut berasar dari urunan keluarga dan sebagian meminjam kepada sanak saudaranya.

"Saya kapok dan tidak mau melayani pembeli makan di tempat selama PPKM darurat. Semoga uang dari urunan keluarga dan juga sebagian meminjam kepada saudara untuk membayar denda sebesar Rp5 juta, bermanfaat buat negara. Penegakkan hukum benar-benar dilaksanakan dengan benar," ujar Salwa.

Salwa menerima kesalahan dan berharap menjadi contoh bagi warga lainnya. Juga bagi penegakkan hukum di Indonesia. "Saya terima kesalahan dan berharap warga lainnya agar menerapkan aturan pemerintah. Begitupun dengan penegak hukum," katanya, Kamis (8/7/2021).

Selama ini, jelas Salwa, usaha bubur ayamnya sudah dilakukan sejak turun temurun. Kini, dia bisa berjualan kembali seperti biasa mulai pukul 17.00 sampai 06.00 WIB tetapi tidak melayani pembeli makan di tempat. Sebab bisa kena razia kembali saat PPKM darurat masih berlaku.

"Kami berjualan bubur ayam bergiliran sama keluarga. Saya sudah meminta agar tidak melayani makan ditempat, kalau pembeli memaksa supaya ditolak dan jangan dilayani. Aturan PPKM daurat seharusnya adil, pembeli juga bisa dijerat hukuman," sarannya.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri (PN) Kelas I A Tasikmalaya secara virtual menggelar sidang bagi pelanggar PPKM Darurat, Selasa (6/7). Dalam sidang di halaman taman Kota Tasikmalaya, yang dipimpin Ketua Majelis Hakim PN Kelas I A Tasikmalaya dipimpin Abdul Gofur, memvonis pedagang bubur ayam yang melanggar aturan PPKM darurat dengan denda sebesar Rp5 juta, subsider kurungan 5 hari penjara. (OL-13)

Baca Juga: Langgar PPKM Darurat, Puluhan Pedagang Didenda Hingga Rp300 Ribu

Baca Juga

dok.ist

Sahabat Lamongan Optimis Sandiaga Uno Maju di Pilpres 2024

👤mediandonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 09:40 WIB
RATUSAN relawan Sahabat Sandi memberikan dukungan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pada pilpres...
dok.Humas Pemprov Jateng

Tips Ganjar Pranowo Cegah Korupsi dan Pungli di Jawa Tengah

👤Haryanto 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 08:05 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menyebut perilaku korup bisa dilakukan siapa saja. Ganjar menilai, korupsi bisa dicegah dengan...
MI/Voucke Lontaan

Polda Sulut Tangkap Dua Warga Terduga Penyelundup 8 Senjata Api

👤Voucke Lontaan 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 06:55 WIB
KEPOLISIAN Daerah Sulawesi Utara, menangkap dua pria berinisial, OM, 18, dan FM, 22, warga Kecamatan Tamako, Kabupaten Kepulauan Sangihe...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya